Kombes Pol Sabar Supriyono

OP Zebra Fokus pada Pelanggaran Lalu Lintas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Selama dua minggu Operasi Zebra Patuh Mansinam akan dilaksanakan, berbagai pelanggaran berlalu lintas tidak segan-segan akan ditindak tegas oleh pihak kepolisian yang bekerjasama beberapa instansi seperti Sub Den POM Manokwari, Dinas Perhubungan Manokwari, dan Satuan Polisi Pamong Praja Manokwari.

“Jadi kita akan lakukan razia dengan melihat pelanggaran-pelanggaran yang sering menonjol di Kabupaten Manokwari, seperti tidak memakai helm, boncengan lebih dari satu, belok yang tidak pada tempatnya, melawan arah, itu yang akan jadi fokus kami dalam operasi ini,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol Sabar Supriyono kepada wartawan siang kemarin di halaman Mapolres Manokwari.

Dirinya mengatakan, operasi ini akan serentak di lakukan di Papua Barat dan Indoensia, khusus di wilayah Papua Barat, semua daerah akan lebih difokuskan pada pelanggaran-pelanggaran tematik atau pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi di daerah tersebut.

“Itu yang akan ditindak sebanyak mungkin supaya masyarakat atau pengguna jalan lebih tertib lagi,” tegasnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan ketertiban keamanan dalam berlalu lintas yang mengedepankan penengakan hukum yang disertai dengan pencegahan-pencegahan dini. Selain ini untuk mendepankan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Ia juga mengimbau agar setiap pengguna jalan agar lebih menaati rambu-rambu lalu lintas atau marka jalan yang telah dipasang, mengingat saat ini di Papua Barat jumlah masyarakat yang masuk sangatlah banyak sehingga volume kendaraan juga dinilai meningkat. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM