Operasi Zebra di Jalan Merdeka Manokwari, Sabtu (6/12/2014). 35 unit kendaraan bermotor tanpa kelengkapan terjaring dalam operasi tersebut. Foto : CAHAYAPAPUA.com | Takdir

Operasi Zebra Matoa di Manokwari Jaring 285 Sepeda Motor

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.comSatuan Lalu lintas Polres Manokwari berhasil mengamankan 285 unit kendaraan roda dua dalam operasi Zebra Matoa selama November-Desember 2014.

Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Backri Ardiansyah kemarin mengatakan, 107 unit diantaranya dikenakan surat tilang sementara 178 unit sisanya diberikan surat teguran.

“Kendaraan yang kami tilang, penyelesaiannya akan dilakukan melalui persidangan di pengadilan,” katanya, Selasa (16/12/2014).

Dari 178 motor yang memperoleh teguran, lanjut Backri, saat ini sebagian sudah diambil oleh pemiliknya, sebagian lainnya masih teronggok di kantor Satlantas Polres Manokwari.

Dalam operasi Zebra ini, jenis pelanggaran yang masih mendominasi adalah penggunaan helm dan kelengkapan surat-surat kendaraan maupun surat-surat pengemudi.

Melalui sanksi yang diberikan polisi kepada pengendara Backri berharap, pengendara semakin sadar diri dengan mematuhi perturan lalu lintas.

“Peraturan inikan dibuat semata-mata untuk kesalamatan dan keterbitan para pengendara, jadi kalau dipikir kenapa pengendara tidak menyadari hal itu,” katanya.

Backri pun menegaskan, selama ini pemakaian knalpot racing masih sering dijumpai di Manokwari, untuk pelanggaran jenis ini polisi akan bersikap tegas dengan surat tilang.

Backri menambahkan, setelah menyelesaikan operasi Zebra 9 Desember lalu, saat ini kepolisian resort Manokwari tengah bersiap-siap untuk menggelar operasi lilin. Namun demikian Backri mengaku, saat ini pihaknya belum memperoleh perintah dari pimpinan. Kemungkinan operasi lilin ini akan mulai digelar pada min 2 H menjelang perayaan Natal, dan akan berakhir awal Januari. |TOYIBAN