Crazy Weekend. Ivent akhir pekan oppo area Manokwari untuk memperkenalkan produk dan menarik minat konsumen.

Oppo Tipe F1 Laris Manis di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comAntusiasme warga Manokwari menggunakan gadget keluaran terbaru rupanya cukup tinggi. Selain untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi, peningkatan terjadi karena konsep pemasaran dan promosi kreatif yang digencarkan produsen.

Di Manokwari, telepon genggam yang diproduksi oleh oppo merupakan salah satu yang diminati. Penjualannya terus meningkat.

“Untuk produk oppo, area Papua pernah masuk rangking 3 nasional. Sementara area Manokwari saat ini meraup persentase penjualan tertinggi di Tanah Papua. Jika dibanding merek lain, ini termasuk tinggi,” kata Supervisor oppo area Manokwari, Muhammad Yusuf Sudirman, Selasa (23/2/2016) di D’ Coffee Wosi, Manokwari.

Setiap bulan, produk oppo yang terjual berkisar antara 300 sampai 400 unit. Bahkan pada Desember 2015 lalu, terjual hingga 545 unit. Sejauh ini, produk yang paling banyak diminati adalah gadget tipe F1.

Menurut Yusuf, minat konsumen untuk menggunakan produk oppo, pada umumnya karena produk yang berbasis di China ini memiliki spesifikasi, fitur, aplikasi dan ketahanan yang cukup baik. Misalnya pada kamera, teknologi vooc charger, smart clean up, kerangka berbahan metal, serta model dan warna yang elegan.

Teknologi vooc charger membuat baterai bisa terisi sekitar 75 persen dalam 30 menit. Bahkan seri tipe R7 bisa digunakan menelpon selama 2 jam hanya dengan pengisian sekitar 5 menit.

Sementara bahan metal membuat produk tidak mudah lecet. Smart clean up sendiri berfungsi untuk menghapus aplikasi yang berjalan di belakang layar saat dimatikan. “Ini bisa menghemat daya,” tambahnya kepada Cahaya Papua.

 

Pemasaran Kreatif

Menarget pasar yang sama di kota Manokwari dan sekitarnya, kompetitor oppo untuk produk sejenis dari produsen yang berbeda tentu banyak.

Untuk mempromosikan dan menarik minat konsumen, oppo yang membangun area pemasaran di Manokwari sejak Oktober 2014, menerapkan konsep pemasaran kreatif.

Tiap akhir pekan, tim oppo Manokwari menggelar event bertajuk “Crazy Weekend” menyasar tempat-tempat yang ramai.

Seperti akhir pekan lalu, sejumlah staf pemasaran oppo menjadi tontonan gratis warga di persimpangan lampu merah Wosi, salah satu titik keramaian di kota ini. Mereka membagi brosur menggunakan kostum hijau dengan kepala yang ditutupi kotak, seperti robot.

Menurut Yusuf, potensi pasar untuk produk gadget di Manokwari masih sangat prospektif. Apalagi dari waktu ke waktu kota ini terus berkembang. Penjualan diproyeksi meningkat karena didukung oleh pengecer (toko), dan staf yang berkinerja tinggi.

Selain gencar melakukan promosi, pihaknya mendukung toko-toko elektronik yang menjual produknya, termasuk dengan menanggung pajak reklame. “Kami bantu mereka untuk pemasangan neon box, stiker, spanduk dan sebagainya,” sebutnya.

Untuk merangsang kinerja staf pemasaran, pihaknya mengalokasikan insentif berupa bonus sebesar 50 ribu hingga 80 ribu rupiah pada tiap penjualan 1 unit produk.|PATRIX B. TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan