Ilustrasi Truk Besar, www. republika.co.id

Organda Desak Pemda Tertibkan Truk Berbadan Besar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Organisasi Angkutan Darat (Organda) Manokwari mendesak Pemerintah Kabupaten Manokwari segera mengeluarkan aturan tentang batasan waktu operasi kendaraan besar seperti truck tronton untuk melakukan aktivitas operasionalnya pada waktu-waktu tertentu.

“Aktivitas operasional truck berbadan besar mulai dari pagi hari hingga menjelang malam hari sangat mengganggu aktivitas masyarakat pengguna jalan,” tegas Plt Ketua Organda Manokwari David Mambrasar dalam rapat dengar pendapat bersama DPRD Manokwari, Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan Daerah dan Biro Hukum Setda Kabupaten Manokwari di ruang Rapat Paripurna DPRD Manokwari Selasa lalu.”

Organda menilai dengan beroperasinya truck tronton yang mengangkut kontainer, besi beton maupun alat berat seperti buldoser, eksafator dan lain-lain, mulai pukul 06.00-20.00 berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas.
Potensi kecelakaan lalulintas itu didasari oleh sempitnya jalur trasnportasi darat, baik jalan-jalan protokol dalam kota maupun diluar kota, ditambah lagi dengan padatnya aktivitas lalulintas kendaraan.

“Kita lihat saja, mulai pagi hari truck tronton mulai beroperasi di jalan-jalan utama kota Manokwari. Padahal mulai pagi hingga malam hari, aktivitas masyarakat kota Manokwari sangat padat, sedangkan jalan mulai sempit dan berlubang, ini berpotensi menimbulkan kecelakaan,” katanya.

Untuk itu Organda meminta kepada dinas terkait untuk menetapkan pemberlakuan jam operasional bagi kendaraan berbadan besar mulai pukul 21.00 sampai 06.00 WIT. Pemberlakuan jam operasional itu dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan memperlancar arus lalulintas di kota Manokwari. |MUHAMMAD RIZALDY

Tinggalkan Balasan