Bupati Bastian Salabai menaiki Bomag untuk penghalus aspal Jalan Ruas Jowen-Koyani di SP-6, Distrik Masni, Minggu (4/1/2015). Foto : CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Pacu Ekonomi Masyarakat, Ruas Jowen-Koyani Diaspal Hotmix

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Bupati Manokwari Bastian Salabai, Minggu (4/1/2015) petang menandai dimulainya pengaspalan ruas jalan dari kampung Jowen ke kampung Koyani di SP-6 Distrik Masni. Ruas Jowen-Koyani diaspal hotmix (aspal goreng) yang pada tahap pertama sepanjang 500 meter dari total 1.600 meter.

Meski berupa jalan antar kampung, ruas Jowen-Kampung selain dilapisi aspal hotmix, dimensi jalan juga disetarakan dengan standar jalan kabupaten. Lebar jalan dibuat 4,5 meter sehingga cukup untuk dua lajur kendaraan.

“Lebarnya 4,5 meter dan ini luar biasa karena sama dengan jalan dalam kota. Harapannya ini memberikan semangat kepada masyarakat di sini dalam meningkatkan kehidupan ekonomi. Kalau jalan sudah baik maka segala sektor akan bertumbuh baik di bidang ekonomi, pendidikan dan lainnya semuanya akan baik, “ ujar Bupati.

Proyek peningkatan jalan di SP-6, Distrik Masni itu dibiayai dana APBD 2014. Selain ruas Jowen-Koyani, juga dilakukan peningkatan jalan poros SP-6 sepanjang 500 meter. Sehingga total ada 1 Km jalan yang dihotmix di SP-6 dengan anggaran keseluruhan 1,6 miliar.

“Ini sesuai permintaan masyarakat karena selama ini jalan rusak sehingga akses masyarakat terhambat. Komitmen kita tahun 2015 kita akan lanjut lagi. Dengan tujuan akses masyarakat semakin baik sehingga harapannya masyarakat di kampung Jowen dan Koyani juga bisa menikmati hidup yang lebih baik sebagaimana masyarakat lainnya, “ sambung Salabai.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Manokwari IP.Siregar menjelaskan, jalan Jowen-Koyani dibuat berstandar jalan kabupaten.

“Lebar jalan 4,5 meter diharapkan ini sesuai dengan standar jalan kabupaten yaitu dua jalur mobil bisa berpapasan dan ini sudah memenuhi standar. Sekarang badan jalan sudah diaspal hotmix setelah itu ada bagian yang perlu ditalut, nanti akan kita lengkapi,“ kata Siregar yang ikut memantau pengaspalan.

Untuk kelanjutan ruas Jowen-Koyani sepanjang 1.100 meter, menurut Siregar anggarannya sudah diajukan dalam APBD 2015.

“Yang sisanya sudah kita masukan dalam APBD 2015 dan itu jadi prioritas sesuai komitmen Bapak Bupati membangun dari kampung ke kota, “ pungkas Siregar. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan