Gunung Meja, Salah satu Hutan Konservasi Manokwari

Pagar Keliling Hutan Lindung Gunung Meja Diusulkan Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Hutan Gunung Meja yang memiliki luas kurang lebih 460 hektar rencana akan pagari kelilingi.

Pagar pembatas yang diperkirakan memiliki panjang 11 km tersebut akan dibangun secara bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari, melalui Dinas Kehutanan setempat.

Pagar keliling dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan Gunung Meja yang dari tahun ke tahun terus menyusut, akibat pertumbuhan penduduk yang terjadi di Kabupaten Manokwari.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari, Erens Ngabalin  kepada wartawan siang kemarin mengatakan, hal ini penting dan harus dilakukan, sehingga kawasan hutan tersebut kedepan tidak mengalami penyusutan lebih jauh lagi.

Untuk rencana tersebut pihaknya telah mengusulkan untuk dianggarkan pada tahun 2016 ini. Namun semua ini dikembalikan kepada kemampuan keuangan daerah. Diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 22 miliar.

Dijelaskan, belum lama ini DPRD bersama Dinas Kehutanan telah meninjau lokasi hutan Gunung Meja, dan dalam tinjauan tersebut pemagaran hutan lindung Gunung Meja menjadi prioritas dan harus dilakukan.

Selain Hutan Lindung Gunung Meja, Dinas tersebut juga tengah berupaya melakukan pengamanan lainnya di kawasan Hutan Lindung Wosi Rendani yang merupakan salah satu penyangga Kota Manokwari. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM