Anak-anak dan pelajar antusias menaiki tank dan panser milik TNI keliling Kota Manokwari, Senin Siang, 5 Januari 2015. Selama 2 Hari, hingga hari ini, Selasa (6/1/2015), TNI memamerkan alutsista di Lapangan Borarsi. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zakarias Tonu Bala

Pameran Alat Tempur TNI AD Disambut Antusias Warga Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.COM– Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang digelar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Manokwari, Papua Barat, Senin (5/1/2015), disambut antusias oleh masyarakat.

Acara yang dibuka sekitar pukul 10. 00 WIT itu, menjadi semakin ramai saat siang hari.

Kondisi gerimis di sore tak mengurangi semangat pengunjung yang datang untuk menyaksikan peralatan tempur yang dipamerkan.

Dalam pameran ini dipajang persenjataan Ranpur Defender Kopassus, Ranpur Komodo, Mobil Paksi Baja, Mobil OZ, Panser Tarantula, Panser Anoa, Ranpur Caspier, Truck Mercy, Tank Scorpion, Meriam 105 dan Sea Raider.

Panser Anoa dan Tank Scorpion dan Mobil Paksi Baja sempat digunakan untuk berkeliling kota Manokwari, yang ditumpangi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam pameran itu, pengunjung juga bisa berfoto ria. Naik ke atas tank dan menenteng senjata layaknya para prajurit perang. Bahkan sejumlah anak-anak ada yang mencoret wajah layaknya tentara yang sedang terjun ke medan tempur.

Menariknya lagi yang sempat mengunjungi pameran langsung menganti foto profil mereka di layanan facebook dan display picture (gambar tampilan) di Black Berry Massenger (BBM).

Rasa-rasanya yang belum datang ke pameran ini akan merasa penasaran, karena hanya dapat melihat dari rekan maupun keluarga mereka.

Dari pengamatan, semua peralatan tempur yang dipamerkan dikerumuni masyarakat, khususnya anak sekolah. Mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa tampak bergerombol dan melakukan foto bersama. Bahkan ada yang datang lengkap dengan tongkat narsisnya (tongsis).

Bahkan di antara anak sekolah ada yang mengajak anggota TNI untuk ikut berfoto bersama di beberapa stand maupun tank. Anggota TNI juga tampak antusias melayani permintaan masyarakat.

Salah satu pengunjung Nabila datang bersama om dan tantenya. Ia mengaku senang bisa melihat Alutsista yang dipamerkan. Ia pun sibuk berfoto dan berkeliling.

Sementara itu Idham mengatakan baru kali ini melihat persenjataan milik TNI yang cukup membuatnya kagum.

Dia berharap, TNI AU dan AL juga dapat melakukan pameran yang sama di tahun-tahun mendatang.

Pameran Alutsista dibuka secara gratis. Ada beberapa acara yang juga akan ditampilkan seperti pesta rakyat. Yang dimainkan oleh kaula muda, para pecinta musik di Manokwari. Mereka bergantian beryanyi dan berjoget.

Hari ini, Selasa (6/1/2015), pameran Alusista masih berlanjut. Menurut panitia sebelum ditutup nanti, peralatan yang dipamerkan akan kembali berkeliling kota Manokwari, dan selanjutnya menuju dermaga untuk diberangkatkan ke lokasi pameran selanjutnya. |BUSTAM

Tinggalkan Balasan