Pangan Lokal untuk Usaha Rumahan: Bahan Melimpah, Pasar Ada…

BUDIMAN. Penulis adalah staf Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni.

BUDIMAN. Penulis adalah staf Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni.

TELUK BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com— Kesadaran dan keterlibatan perempuan Papua untuk berwiraswasta pada umumnya masih rendah. Padahal, dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang disediakan oleh alam, bukan mustahil, akan muncul bentuk-bentuk produk olehan yang bisa dikembangkan sebagai usaha rumahan yang bernilai ekonomis.

Inilah yang mendorong Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar pelatihan pembuatan bakso, mie dan keripik berbahan baku kasbi (singkong), keladi, pisang dan petatas (ubi jalar), Kamis, (18/12/2014).

Pelatihan yang digelar di teras kantor BPM Bintuni ini adalah upaya untuk mendorong keterlibatan kaum perempuan Papua dalam pengembangan industri rumahan berbasis bahan lokal. Pelatihan berlangsung selama 2 hari dan diikuti 15 peserta dari Distrik Bintuni dan Manimeri.

Selama pelatihan, peserta dibekali wawasan dan keterampilan tentang bagaimana mengolah hasil perkebunan menjadi produk olahan. Bakso, mie dan keripik menjadi pilihan karena produk ini pada umumnya digemari oleh warga sebagai jajanan. Pengetahuan mengenai kewirausahaan dan pengelolaan keuangan keluarga juga menjadi materi utama.

Kegiatan semacam ini pun akan mendorong diversifikasi pangan ditingkat keluarga menyusul ketergantungan masyarakat yang tinggi pada beras sebagai makanan pokok. Artinya, selain bisa dikonsumsi oleh keluarga, produk olahan itu dapat dijadikan sebagai usaha rumahan.

“Kita berharap hasilnya adalah mama-mama papua di kampung bisa membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga,” kata Habiba Refideso, Ketua Panitia. “Agar mereka tidak hanya sebagai penonton tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi keluarga,” tambah anggota pembina PKK Kabupaten Teluk Bintuni, Hermin M. Talakua, MM, yang juga narasumber kegiatan ini. |CJ- BUDIMAN

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG