Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Joppye O Wayangkau

Pangdam Ajukan Tambahan Calon Tamtama Daerah Pedalaman

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Panglima Daerah Militer XVIII/Kasuari/Papua Barat, mengajukan penambahan kuota khusus calon anggota Tamtama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari wilayah pedalaman.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Joppye O Wayangkau di Manokwari, Selasa (21/3) mengatakan, pada penerimaan anggota Tamtama tahap pertama tahun 2017 yang dibuka sejak Januari lalu, 116 anak-anak pedalaman Papua Barat mendaftar.

Proses seleksi, kata dia, sudah dilakukan serentak bersama peserta leguler lainya sejak awal Maret lalu.  “Untuk daerah pedalaman kita dapat kuota 20 personil. Dari 116 orang yang mendaftar sudah ada 40 orang yang mengikuti sidang,” katanya.

Dia menyatakan, dari 40 orang tersebut 20 orang diantaranya memenuhi persyaratan dan akan segera diajukan untuk mengikuti sidang di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Dia juga merekomendasikan 10 orang tambahan untuk mengikuti sidang lanjutan serta pendidikan bersama calon anggota lainnya. “Pertimbangan kami bahwa mereka ini cukup bagus dari sisi kualitas. Hanya ada sedikit kekurangan, sayang kalau mereka kita pulangkan,” bukanya.

Wayangkau berencana, jika 10 orang tersebut belum bisa diterima pada penerimaan tahap pertama, ia siap membina mereka untuk mengikuti seleksi pada penerimaan Tamtama tahap kedua yang akan dibuka pada Oktober 2017.

Dia ingin, kedepan banyak anak-anak pedalaman yang direkrut menjadi anggota TNI. Kehadiran mereka sangat diharapkan untuk menambah kekuatan personil di daerah pedalaman, terluar, terdepan, dan tertinggal. (IBN)

Tinggalkan Balasan