Penyu Belimbing
Penyu Belimbing

Pantai Abun akan Jadi Taman Pesisir Peneluran Penyu

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Tambrauw bersama Word Wide Fund (WWF) Indonesia akan menjadi pesisir pantai Abun, menjadi taman pesisir bagi peneluran penyu di daerah tersebut.

Hal ini didorong untuk meningkatkan pengawasan dan konservasi penyu di daerah tersebut.Taman ini akan membentang dari pantai Jamursmbamedi hingga pantai Warmon Abun.

Pemimpin Program Bentang Laut Kepala Burung Papua Barat WWF Indonesia Imam Suhada mengatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan seluas 32.000 hektare lebih di wilayah tersebut.

Dia menyebutkan, selama ini lokasi itu sudah menjadi tempat peneluran penyu yang didominasi oleh penyu belimbing yang merupakan penyu raksasa dengan ukuran tubuh paling besar di dunia.

“Pemerintah daerah sudah menyiapkan, gubernur Papua Barat pun sudah menyetujui dan sekarang kita tinggal menunggu penetapan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan. Semoga tahun ini sudah ditetapkan,” kata dia.

Dia mengutarakan, selain penyu belimbing, penyu lekang, hijau dan penyu sisik pun selama ini menjadi lokasi tersebut sebagai tempat peneluran.

“Penyu belimbing paling dominan terutama di pantai warmon, sehingga penyu belimbing ini menjadi icont dari taman pesisir tersebut,” ujarnya menambahkan.

Suhada mengutarakan, populasi penyu hampir disetiap daerah mengalami ancaman cukup serius, baik di laut maupun di lokasi pendaratan atau peneluran. WWF memberikan perhatian serius atas kondisi tersebut.

Di pantai Abun, ancaman tersebut berasal dari hewan liar seperti, Soasoa atau biawah, anjing dan babi liar.

“Kami bersama-sama masyarakat setempat terus melakukan monitoring, menjaga terutama agar sarang-sarang telur penyu ini tidak di bongkar dan dimakan oleh hewan-hewan liar tersebut,” ujarnya mengakhiri.(IBN)

Tinggalkan Balasan