Ilustrasi Kecelakaan Kerja

Pantau Kecelakaan Kerja di PT SPIC, DPRD Baiknya Bentuk Tim Pengawas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Manokwari menyarankan perlu adanya pengawasan secara berkala terhadap para pekerja yang bekerja membangun fasilitas untuk pabrik semen Maruni.

Pengawasan dengan melakukan monitoring langsung ke lapangan perlu ada untuk memastikan para tenaga kerja baik asing maupun lokal mendapat perlakuan dan perlindungan sesuai standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“DPRD harus  melakukan peninjauan sekaligus pengawasan untuk mengetahui bagaimana proses pekerja bekerja, sehingga kejadian kecelakaan kerja yang dialami salah seorang karyawan mereka itu tidak terjadi kembali, “ kata Ketua Komisi A, Ayu H. Bataray di kantor DPRD, kemarin.

Seorang karyawan PT. SPIC memang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Yang bersangkutan meregang nyawa akibat tersedot mesin penggiling semen.

“Dinas terkait dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi juga perlu melakukan peninjauan secara kontinyu untuk memonitor hal itu. Tapi nanti kami dari DPRD perlu turun lagi ke sana,“ ucap politisi perempuan partai Gerindra ini. |ZACK TONU BALA