23 peserta seleksi calon anggota Bawaslu Papua Barat, tengah mengerjakan materi ujian, Kamis (24/8).

Panwaslu 13 daerah Papua Barat dilantik Senin

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat akan melantik Panitia Pengawas Pemilu dari 13 kabupaten dan kota Senin (25/8).

Ketua Bawaslu Papua Barat Papua Barat Isyak Waramuri, Jumat(25/8) mengatakan, pelantikan akan dilaksanakan serentak di Manokwari, pada 28 Agustus 2017.

Dia menjelaskan, anggota Panwaslu yang akan dilantik merupakan, peserta seleksi yang lulus dan sudah menjalani uji kepatutan serta kelayakan.

“Setiap kabupaten/kota masing-masing tiga orang. Merekalah peserta yang memperoleh nilai terbaik dan dinilai layak untuk menjadi anggota Panwaslu,” kata Isyak.

Ia menyebutkan, seleksi ini masih mengacu pada peraturan lama yakni undang nomor 15/2015. Sebagai panitia adhoc, mereka akan menjalankan tugas selama satu tahun.

Berikutnya, ujar Isyak, Bawaslu Papua Barat akan berkoordinasi dengan Bawaslu RI terkait penerapan undang-undang nomor 7/2017.

“Sesuai nomenklatur pada peraturan yang baru nama Panwaslu akan berubah menjadi Bawaslu. Masa kerja mereka selama lima tahun,” katanya.

Seraya menunggu petunjuk pusat, lanjut Isyak berharap seluruh Panwaslu segera bekerja setelah mereka dilantik. Tugas yang harus dilaksanakan dalam waktu dekat adalah verifikasi partai politik menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif tahun 2019.

Dia menyebutkan, pelantikan yang akan dilaksanakan pekan depan itu akan dirangkai dengan kegiatan bimbingan teknis. Mereka akan diberi bekal untuk menjalankan tugas di wilayah masing-masing.

“Kami mengupayakan, ketua dan sekjen Bawaslu RI hadir pada pelantikan dan bimtek nanti. Setelah dilantik para anggota Panwaslu akan mendapat pengarahan,” katanya lagi. (ibn)

Tinggalkan Balasan