Ilustrasi. | Kompasiana

Panwaslu Manokwari Turunkan Ribuan Alat Peraga Kampanye

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comPanitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Manokwari, mulai menurunkan alat peraga kampanye (APK) di Sembilan Distrik di daerah ini.

Ditemui saat pembersihan APK berlangsung, Ketua Panwaslu Manokwari, Nikodemus Rawar mengatakan, pada 6-8 Desember merupakan masa tenang. Sesuai aturan, pada waktu ini tidak ada lagi aktivitas kampanye baik langsung maupun kampnaye melalui alat peraga kampanye, seperti spanduk, stiker dan kaos bersimbol pasangan calon.

Dia akui, upaya pembersihan ini, seharusnya sudah dimulai sejak Minggu pukul 00.00 WIT, namun, Panwaslu baru dapat melakukannya Minggu siang kemarin dari pukul 12.00 WIT.

Pada pembersihan APK ini, Panwaslu di bantu anggota Satuan Polisi Pamong dan personil kepolisian resor Manokwari. Ia berharap, tim pemenang dari empat pasangan calon serta masyarakat membantu melakukan pembersihan, jika masih ada APK yang terlewat.

“Ada dua tim yang turun, pembersihan kami lakukan dari Distrik Manokwari Timur. Seluruh Distrik hari ini serentak melakukan hal yang sama. Saya sudah memerintahkan seluruh Panwaslu tingkat distrik,”ujarnya.

Tegas, Nikodemus mengatakan, pada masa tenang hingga 9 Desember, tak ada lagi APK yang tertempel baik di jalan, kompleks maupun rumah-rumah warga.

Bahkan, ia pun tak ingin, ada warga, simpatisan maupun pendukung kandidat, yang menggunakan kaos maupun baju yang bersimbol kandidat yang akan bertarung pada Pilkada ini.

Anggota Panwaslu Divisi Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran, Festus Rumadas, menambahkan, sesuai jadwal, kegiatan ini akan dilakukan selam dua hari yakni (6-7/12/2015).

Sebanyak 50 personil terdiri dari Kepolisian, Satpol PP dan anggota Panwaslu, terlibat dalam kegiatan ini.

“Pembersihan dilakukan sesuai dengan jadwal KPU. Masa tenang selama tiga hari sehingga tidak boleh ada atribut atau kegiatan yang sifatnya mengerahkan massa,” kata dia.

Menurutnya, kegiatan pembersihan yang dilakukan berjalan lancar. Kandidat maupun tim suksesnya pun diakui mengikuti aturan main. Ini dibuktikan dengan sebagian APK telah diturunkan secara sukarela.

Meski telah dibersihkan, lanjut Festus, masih ditemukan ribuan APK yang terpajang terutama dalam bentuk stiker. “Jumlahnya ribuan. Dari masing-masing kandidat cukup banyak jumlahnya terutama stiker dan umbul-umbul,” ujarnya. |RASYID FATAHUDDIN| EDITOR : TOYIBAN

Tinggalkan Balasan