Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Manokwari membacakan dan menandatangani Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas dan Pilkada Damai di kantor KPU Manokwari, Selasa (3/11/2015).

Panwaslu Temukan Beragam Pelanggaran dalam Deklarasi Kampanye Damai

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Panitia Pengawas Pemilu Pilkada Manokwari mendapati beragam dugaan pelanggaran dalam deklarasi kampanye damai dan berintegritas yang digelar Selasa lalu.

Anggota Panwaslu Manokwari Paskalis Borlak mengatakan, dugaan pelanggaran seperti melibatkan anak dibawah umur, memasang alat peraga pada tempat terlarang, penggunaan kendaraan plat merah, termasuk indikasi keterlibatan PNS.

“Seluruh temuan sedang kami dalami. Untuk kendaraan dinas, itu dipakai saat karnaval,” kata Paskalis di Manokwari, kemarin.

Pelanggaran tersebut, menurut Paskalis tidak hanya terjadi saat deklarasi kampanye damai dan berintegritas, tapi juga pada kampanye terbatas.

Deklarasi kampanye damai Pilkada Manokwari diikuti 4 kandidat bupati dan wakil bupati Manokwari dengan ribuan massa. Deklarasi diawali dengan karnaval yang mengambil start di distrik Sidey dan berakhir kantor KPU Manokwari, Distrik Manokwari Barat. |RASYID FATAHUDIN