Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Papua Barat akan kembangkan perkebunan di seluruh kabupaten

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengembangkan sektor perkebunan di seluruh kabupaten untuk meningkatkan komoditas ekspor.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, Kamis, mengatakan, beberapa waktu lalu ia sudah bertemu dengan Menteri Pertanian. Pertemuan tersebut dilakukan agar pusat mengalokasikan anggaran melalui APBN untuk membantu pengembangan perkebunan Papua Barat.

“Kita mendapat respon bagus. Pemerintah pusat punya harapan besar agar Papua Barat menjadi sentra produksi komoditas perkebunan,” kata dia.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, gubernur telah menginstruksikan Kepala Dinas Tanaman Pangan untuk menginfentarisir ketersediaan lahan di setiap daerah. Selanjutnya akan diajukan ke pusat agar terakomodir dalam program nasional tahun 2018.

Dia menjelaskan, banyak komoditas perkebunan di Papua Barat yang dapat dikembangkan dengan skala lebih besar. Setiap daerah masing-masing memiliki potensi.

Pengembangan perkebunan akan dilakukan dengan mengacu hasil kajian tentang potensi masing-masing. Diharapkan setiap daerah memiliki perkebunan berskala besar.

“Ada pala yang bisa dikembangkan di wilayah Fakfak dan Kaimana, jagung bisa di Tambrauw dan sebagian besar wilayah Papua Barat. Bisa juga kita kembangkan kakao, kelapa, dan sayur-mayur,” ujar gubernur.

Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur transportasi. Hal itu dilakukan untuk mendukung kemudahan mobilisasi dan distribusi komoditas unggulan Papua Barat.

Menurut gubernur, banyak komoditas produksi Papua Barat yang punya peluang besar di pasar manca negara. Ia akan terus mendorong kemudahan proses ekspor di daerah tersebut. (ibn)

Tinggalkan Balasan