festival Hortikultura 2015

Papua Barat Akan Pamerkan Daun Bungkus Difestival Hortikultura Nasional

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Badan Tanaman Pangan Dan Hotikultura Provinsi Papua Barat akan mengikuti Festival Hortikultura Nasional tahun 2015 yang digelar di Kota Mataram, Provinsi NTB pada 10-14 Oktober mendatang.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Papua Barat Rustam Agus Setiyanto mengatakan dalam festival tersebut, Pemprov Papua Barat akan mengirim tim dari bidang hortikultura, Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) dan Balai Benih Induk.

Papua Barat akan mambawa produk unggulan yakni Daun Bungkus sebagai pestisida nabati. Juga akan memamerkan kulit kayu Matoa dan dari Ketapang pantai.

Produk unggulan lain yang akan dipamerkan, di antaranya tanaman hias seperti Anggrek, tanaman hutan seperti Pakis Tanduk Rusa yang ukurannya sangat besar.

Berbeda dengan yang ada di wilayah barat Indonesia dan tanaman biofarmaka yang digunakan untuk pengobatan.

Dalam festival ini, Papua Barat akan mengirimkan sebanyak 15 orang utusan. Selain mengekspose produk unggulan Papua Barat terutama untuk tanaman buah sayur dan tanaman hias, juga diadakan seminar seminar tentang hortikultura.

“Kita sangat terbatas dan kekurangan bahan, tapi tetap kita usahakan apa yang menjadi unggulan kita, tahun ini kita tidak melibatkan petani, namun kalau ada petani yang akan mengembangkan salah satu pestisida, kita akan bawa,” ungkap Rustam, Rabu (7/10/2015).

Thema Nasional yang diangkat dalam festival ini yakni “Menduniakan Hortikulturan Pariwisata Dan Ekoomi Kreatife Indonesia.”

Dalam kegiatan ini juga akan menampilkan lomba yang berkaitan dengan penggunaan produk hortikultura seperti lomba merangkai bunga, buah dan menggambar untuk anam anak sekolah dan seminar maupun mengekspose hasil penelitian yang dilaksanakan instansi balai penelitian pertanian. |DINA RIANTI|BUSTAM