Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy

Papua Barat dan Komisi II DPR-RI Segera Bahas Calon DOB

MANOKWARI, Cahayapapua.com Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Komisi II DPRRI dijadwalkan akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) membahas usulan sejumlah calon Daerah Otonomi Baru (DOB).

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy mengatakan, RDP tersebut akan digelar hari Kamis (3/3/2016) pukul 15.00 WIB. Rapat tersebut rencananya juga akan dihadiri Pemerintah Kalimantan Timur serta para bupati dari daerah-daerah yang akan dimekarkan.

“Kami akan mendengarkan sejauh mana pemerintah (pusat) menyikapi pemekaran dari 65 DOB dan 22 DOB,” kata Irene usai mendaftar sebagai bakal calon gubernur di DPW Partai Kebangkitan Bangsa, Rabu (2/3/2016).

Menurut Irene, pemerintah tengah mengkaji Peraturan Pemerintah tentang Desain Besar Penataan Daerah (DESERTADA) usulan pemekaran calon DOB seluruh Indonesia.

Finalisasi Peraturan Pemerintah (PP) tentang DESERTADA tahun 2016-2025 kedepan, menjadi penting bagi daerah-daerah yang akan dipersiapan menjadi calon DOB.

“Kita akan tahu slot-slot mana yang akan diberikan oleh pemerintah dan Komisi II untuk dimekarkan. Yang terpenting adalah aturanya (PP),” ujar Irene yang mengaku akan segera bertolak ke Jakarta.

Di Papua Barat terdapat usulan pemekaran 10 DOB. Apakah sejumlah daerah ini masuk dalam DESERTADA, Irene menjawab diplomatis. Yang pasti ia mengatakan, pemekaran akan mempertimbangkan kategori daerah terluar, tertinggal dan daerah konflik. PP tentang DESERTADA sesuai jadwal akan dirampungkan Maret 2016.

“Intinya, DESERTADA itu adalah pemekaran, karena kita akan tahu dikasih berapa kabupaten, kota dan provinsi. Kalau sudah masuk, saya berharap semua yang ada menjadi daerah persiapan,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN

Tinggalkan Balasan