Pelaksana Tugas Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Diah Indrajati

Papua Barat Diminta Serius Tekan Kemiskinan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kementerian Dalam Negeri meminta pemerintah Provinsi Papua Barat serius menangani kasus kemiskinan di daerah tersebut.

Pelaksana Tugas Dirjend Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Diah Indrajati pada pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Provinsi di Manokwari, Kamis, mengatakan, ekonomi Papua Barat tumbuh cukup tinggi selama dua tahun terakhir.

Di sisi lain, angka pengangguran di daerah tersebut jauh lebih rendah dibanding presentasi pengangguran nasional.

“Tapi angka kemiskinan masih sangat tinggi. Kemiskinan di Papua Barat hampir tiga kali lipat lebih tinggi dari batas Nasional,” katanya.

Diah ingin, pemerintah daerah setempat segera mencari akar masalah kemiskinan tersebut dan bergegas melakukan upaya pengentasan. Diharapkan, Musrenbang tersebut mampu melahirkan program yang fokus pada permasalahan yang sedang dihadapi.

Menurutnya, tingginya pertumbuhan ekonomi dan rendahnya angka pengangguran merupakan potensi besar bagi Papua Barat untuk berlepas dari masalah kemiskinan.

“Sebenarnya potensi sudah ada tapi belum bisa menjawab permasalahan. Upaya pengentasan kemiskinan Papua Barat harus dikeroyok dari berbagai sektor,” katanya lagi.

Beberapa waktu lalu, kata dia, Kemendagri bersama bersama Kementerian terkait menggelar rapat koordinasi teknis. Untuk wilayah Barat dilaksanakan di Batam dan Wilayah Timur di Makassar.

Pemerintah pusat, ujarnya melanjutkan, sangat serius untuk mengentaskan kemiskinan di setiap daerah. Diharapkan program daerah singkron dengan program pusat termasuk dalam menekan kemiskinan.(IBN)

Tinggalkan Balasan