Agus Ferianto Wali. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Papua Barat Dorong Ekonomi Warga Lewat Pemanfaatan Sagu

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Sorong Selatan mendapat bantuan 3 unit mesin ekstraksi sagu dari Dinas Perkebunan Papua Barat baru-baru ini, untuk mengembangkan industri rumah tangga di daerah tersebut.

Mesin sagu tersebut nantinya akan dipakai untuk mengelola sagu menjadi tepung sagu dibawah bimbingan Universitas Negeri Papua, yang berbasis di Manokwari.

Menurut pemerintah, olahan sagu dari mesin tersebut nantinya bisa berbentuk seperti mie sagu, kue sagu dan gula sagu.

Kepala Dinas Perkebunan Papua Barat Agus Ferianto Wali mengatakan, bantuan untuk kabupaten Sorong Selatan berasal dari tugas pembantuan pemerintah pusat.

“Kita mendapatkan dana tugas pembantuan dari pusat yang lebih diarahkan pada pengembangan sagu di Kabupaten Sorong Selatan, Sorong dan Teluk Bintuni,” kata Agus Wali.

Menurut dia, bermodal bantuan tersebut, pihaknya kini sudah merealisasikan penataan kebun sagu dan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

Selain itu, tahun ini pihaknya akan membangun satu unit gedung pengolahan yang dilengkapialat parut, mesin ekstraksi dan pengeringan sagu. Namun mesin ini hanya mengelola bahan mentah saja.

“Pengembangan mesin sagu ini berjumlah sebesar Rp 5 miliar yang diperuntukan mulai dari kegiatan penataan kebun 300 hektar, perluasan kebun 100 hektar dan mesin pengolahan tepung sagu.”

Pemerintah menargetkan bantuan alat tersebut meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan