Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani.

Papua Barat evaluasi serapan anggaran

MANOKWARI, Cahayapapua.com — Pemerintah Provinsi Papua Barat terus melakukan evaluasi penyerapan anggaran tahun 2017.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani di Manokwari, Minggu, mengatakan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terus melakukan monitoring secara berkala terhadap pelaksanaan pembangunan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“Bukan saja kegiatan fisik, kegiatan nonfisik pun diawasi. Kalau misalnya seluruh kegiatan tahun ini tidak bisa dilaksanakan, setidaknya program dan kegiatan tersebut berlangsung optimal,” kata Lakotani.

Wakil gubernur belum memperoleh informasi terbaru terkait capaian serapan anggaran Papua Barat hingga triwulan IV tahun 2017. Namun, ia berharap sudah ada peningkatan dari sebelumnya.

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya serapan anggaran APBD tahun 2017. Diantaranya lambatnya proses lelang yang dilaksanakan melali LPSE.

Meskipun demikian Ia optimistis, tahun pada tahun 2018 penyerapan anggaran akan lebih baik.

“Kita akan evaluasi, biarlah tahun ini menjadi pembelajaran. Tahun depan, orang di ULP (Unit Layanan Pengadaan) harus benar-benar orang yang berkompeten, kita akan latih,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan, saat ini penyusunan dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) Papua Barat tahun 2018 sudah hampir rampung.

Ia mengupayakan, dokumen tersebut dapat diserahkan kepada DPR dan dibahas bersama pada bulan ini.

“Saya akan mengawal dari awal, baik dari sisi perencanaan program maupun keuangan. Serapan anggaran tahun depan harus lebih baik,” pungkasnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan