Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Papua Barat gandeng Kementerian PUPR

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan meminta keterlibatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR dalam pengembangan Bandar Udara Rendani Manokwari.

“Dampak dari pengembangan Bandara inikan kedepan harus ada jalan baru yang di bangun lalu pembangunan rumah bagi warga penerima dampak dari pengembangan Bandara Rendani. Untuk itu kami perlu berbicara dengan menteri, ” kata gubernur, Selasa (3/10).

Menindaklanjuti rencana tersebut, gubernur telah melakukan komunikasi awal dan menurut gubernur Menteri PUPR telah menyediakan waktu pertemuan tersebut di Jakarta.

“Saya sudah hubungi bapak menteri, beliau minta saya ketemu tanggal 5, tapi karena bertepatan dengan HUT TNI sehingga diundur setelah tanggal 6 Oktober,” kata dia.

Dominggus berpandangan, pengembangan Bandara Manokwari memerlukan sinergitas antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat, termasuk Kementerian dan lembaga lainnya.

Pemerintah Papua Barat pada tahun 2017 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.100 miliar untuk membantu pembangunan sejumlah item dan serta pembebasan lahan.

Pemerintah Papua Barat pun, ujarnya siap untuk mengalokasikan anggaran untuk proses relokasi. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan dapat melibatkan Kementerian PUPR.

“Peran pemerintah sudah jelas, kabupaten menyiapkan lahan, provinsi tangani relokasi dan pusat yang akan membangun konstruksi runway,” katanya.

Pekan lalu, gubernur bersama Kepala Unit Pengelola Bandara Rendani Wahyu Anwar meninjau lokasi perpanjangan landasan pacu Bandara tersebut. Tahap pertama perpanjangan ini rencananya akan dilakukan untuk menambah 300 meter runway bandara tersebut.

Ia berharap, rencana ini berjalan lancar agar pesawat berbadan besar bisa segera masuk di bandara tersebut. (ibn)

Tinggalkan Balasan