Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Papua Barat, Baesara Wael saat meneliti lembaran peta tapal batas

Papua Barat gelar peta kerja penyelesaian tapal batas

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat, Selasa (18/7), menggelar peta kerja untuk menyelesaikan masalah tapal batas antar kabupaten kota di daerah tersebut.

Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Papua Barat Baesara Wael di Manokwari, Selasa, mengatakan, gelar peta ini dilakukan untuk memberi kesempatan setiap daerah untuk mengklarifikasi hal-hal terkait batas wilayah.

“Kita menghadirkan seluruh Kabag Pemerintahan kabupaten kota. Di sini mereka bisa memberi menjelasan tentang peta dasar ini. Kalau ada yang salah dalam penulisan kampung, garis batas wilayah bisa langsung dikoreksi,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Baesara, gelar peta bukan akhir dari penyelesaian tapal batas di daerah tersebut. Hasil dari gelar peta ini akan dibawa pada pertemuan bersama bupati wali kota yang akan dipimpin gubernur pada 26 dan 27 Juli 2017.

Dia menjelaskan di Papua Barat terdapat 12 kabupaten dan satu kota. Seluruh daerah bersinggungan antara satu dengan yang lain. Secara keseluruhan, kata dia, terdapat 37 segmen batas wilayah kabupaten/kota. Gelar peta dilakukan secara bertahap dari Selasa (18/7) hingga Kamis (20/7) .

“Dari seluruh segmen batas wilayah, kita akan mulai untuk sembilan segmen melibatkan kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Tambrauw, Teluk Wondama, Teluk Bintuni dan Pegunungan Arfak,” terangnya.

Menurutnya, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berharap bupati enam daerah ini hadir pada pertemuan bersama 27 Juli mendatang. Sehingga batas wilayah di daerah masing-masing segera tuntas dan bisa ditetapkan melalui peraturan menteri.

“Nanti akan ada penandatanganan berita acara, jadi kalau bupati tidak hadir tentu bisa menghambat proses penyelesaian masalah ini,” sebutnya.

Dia menambahkan, pemerintah pusat memberi batas waktu penyelesaian tapal batas Papua Barat. Persoalan tersebut harus selesai pada tahun 2017. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: