Ilustrasi Kerja sama Ekonomi

Papua Barat Jajaki Kerjasama Ekonomi dengan Negara Pasifik

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat telah menyerahkan sejumlah dokumen potensi unggulan daerah kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk dipelajari sebagai bahan kerjasama dengan negara-negara pasifik.

Asisten III Bidang Administrasi Fransiskus Kosamah, kemarin, mengatakan, dokumen tersebut diserahkan dalam pertemuan dirinya dengan Sesdijen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu Simson Ginting baru-baru ini.

Rencana kerjasama meliputi pengelolaan ekonomi di Papua Barat termasuk kerjasama politik untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan negara-negara pasifik.

Kosamah mengatakan Kemenlu nantinya akan mempelajari dokumen tersebut untuk memutuskan potensi unggulan yang akan ditawarkan kepada perwakilan negara-negara terkait. Jika kemudian ada respon maka akan ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

Kerjasama bisa saja meliputi pengelolaan sumberdaya alam, namun bisa juga saling menukar ahli untuk memberi pelatihan dalam pengelolaan potensi unggulan. |DINA RIANTI