Papua Barat kembangkan pertanian bawang di lima daerah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengembangkan pertanian bawang merah di lima daerah untuk menekan ketergantungan dari daerah lain.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Papua Barat di Manokwari, Senin, mengatakan, tanaman Bawang akan di Kembangkan di Kabupaten Manokwari, Tambrauw, Manokwari Selatan, Kota Sorong dan Kabupaten Raja Ampat.

“Tahapanya sudah kita mulai, lima daerah ini dipilih karena lahan dan petaninya siap. Lahanya cukup subur dan punya pontensi,” kata dia.

Dia menjelaskan, upaya pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan daerah terus dilakukan. Selain bawang merah, pemerintah Papua Barat bersama kabupaten kota pun berupaya mempertahankan dan mengembangkan komoditas lain.

Pengembangan tanaman cabai dan tomat dilaksanakan di Manokwari dan Manokwari Selatan. Untuk komoditas sayuran dataran tinggi, dikembangkan di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Dia mengutarakan, cabai dan bawang merah masih menjadi komoditas penyumbang angka inflasi di Papua Barat. Pemerintah berupaya keras untuk menjaga ketersediaan seluruh bahan pangan.

“Untuk cabai, pemerintah pusat bahkan sudah mencanangkan gerakan menaman cabai. Kita di daerah pun melaksanakan itu, setiap rumah tanggap dianjurkan menanam minimal 20 pohon cabai di pekarangan masing-masing,” sebutnya.

Tahun ini, lanjutnya, Papua Barat akan mendapat bantuan program pengembangan sayuran wortel, kentang dan sawi. Program tersebut dialokasikan melalui APBN Perubahan 2017.

“Pada program tersebut kita mendapat jatah 200 hektare. Ini upaya bapak gubernur untuk pengembangan pertanian di Papua Barat,” ujarnya.

Yoppy optimistis ketahanan pangan di Papua Barat akan terus meningkat. Pemerintah pusat dan daerah fokus menjadikan daerah tersebut sebagai sentra produksi pangan.

Selain palawija dan sayuran, Papua Barat pun menjadi salah sasaran pada program cetak sawah. Program tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2016 dan sudah berlanjut pada tahun 2017.

“Kita semakin yakin, program swasembada pangan di Papua Barat bisa terwujud,” pungkasnya. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: