Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex.

Papua Barat perbanyak SDM perhubungan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat terus memperbanyak sumber daya manusia (SDM) bidang perhubungan untuk menyambut pembangunan sektor perhubungan di daerah tersebut. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex di Manokwari, Minggu, mengatakan, tahun ini pihaknya menyekolahkan sebanyak 56 putra-putri Papua Barat untuk menjalani pendidikan sebagai taruna di sejumlah daerah di Indonesia.

Dia menyebutkan, Dinas Perhubungan saat sedang fokus menciptakan tenaga teknis. Menempatan lokasi pendidikan disesuaikan dengan jurusan.

Taruna yang mengambil jurusan perkeretaapian dan lalu lintas jalan darat di sekolahkan di STTD Bekasi, penguji kendaraan bermotor di Bali,  angkutan sungai dan perairan di Palembang, dan keselamatan transportasi di Tegal Jawa Tengah.

Pemerintah Papua Barat, lanjutnya, sudah menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan empat perguruan tinggi di empat daerah tersebut.

“Ini merupakan program beasiswa yang kami laksanakan. Diharapkan setelah lulus mereka bisa mengabdi sebagai insan perhubungan di daerah,” katanya.

Dia mengutarakan, para taruna ini akan menjalani pendidikan selama dua hingga tiga tahun sesuai jurusan masing-masing.

Max meyakini, setelah tuntas menjalani pendidikan, mereka akan menjadi insan perhubungan yang siap bekerja dan bisa ditempatkan di Dinas Perhubungan kabupaten/kota yang membutuhkan.

“Pada jurusan perkeretaapian ada lima orang. Mudah-mudahan setelah mereka lulus, sarana dan prasarana kereta api Papua Barat sudah dioperasikan,” katanya lagi.

Dia mengutarakan, beberapa waktu lalu mereka sudah diberangkatkan ke daerah tujuan masing-masing. Pemerintah Papua Barat berupaya program ini berlangsung setiap tahun. (ibn)

Tinggalkan Balasan