160 orang peserta mengikuti seleksi beasiswa

Papua Barat sekolahkan 60 taruna perhubungan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun ini akan menyekolahkan 60 taruna perhubungan untuk belajar di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Kepala Subbagian Perencanaan dan Keuangan Dinas Perhubungan Papua Barat Gustini Payuk, Rabu, mengatakan, program ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan STTD dibawah Koordinasi Kementerian Perhubungan.

Semula terdapat sekitar 300 peserta yang mengikuti seleksi tahap awal yang dilaksanakan di Universitas Papua (Unipa) Manokwari. Peserta yang lulus seleksi tahap awal, mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di kantor gubernur Papua Barat, Rabu (26/7).

“Ada 152 peserta yang mengikuti tes psikologi. Besok dan hari berikutnya, mereka mengikuti tes kesehatan, samapta dan wawancara,” kata Gustini.

Dia menyebutkan, peserta berasal dari seluruh kabupaten/kota yang berhasil lulus seleksi. Seleksi dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur.

Menurutnya, seleksi ini akan menyaring 60 peserta terbaik yang akan menjalani pendidikan Diploma IV Transportasi Darat, DIII LAJ, Perkeretaapian dan ASDP serta Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor.

Dia mengemukakan, program beasiswa pendidikan perhubungan ini baru pertama kali dilaksanakan Dinas Perhubungan Papua Barat. Pihaknya sudah mewacanakan rencana ikatan dinas bagi para taruna ini kepada Badan Kepegawaian Daerah setempat.

Program ini, lanjutnya, sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah menyambut program pembangunan infrastruktur perhubungan di daerah tersebut, diantaranya program perkeretaapian yang saat ini sedang dalam tahap studi.

Disisi lain, lanjutnya, hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan sumber daya manusia bidang perhubungan di seluruh wilayah Papua Barat. (ibn)

Tinggalkan Balasan