PON XX

Papua Barat siap terlibat jadi tuan rumah PON XX

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat siap terlibat sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 pada tahun 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat Istiyono, Jumat (7/7), mengatakan gubernur Papua Barat berkeinginan agar sebagian cabang olahraga pada PON dilaksanakan di Papua Barat. “Ini kesempakan, kapan lagi bisa menjadi tuan rumah PON kalau bukan sekarang,’ kata dia.

Dia menyebutkan, keinginan gubernur Papua Barat telah disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga. Selain itu, pihaknya pun sudah menyampaikan hal itu kepada gubernur Papua Lukas Enembe.

“Tergantung bapak gubernur Papua, mudah-mudaham beliau bersedia untuk berbagi tempat pelaksanaan PON sehingga kita bisa menyiapkan diri,” katanya.

Menurutnya, Papua Barat siap mengalokasikan anggaran untuk mensukseskan penyelenggaraan PON XX/2020.

Jika gubernur Enembe menyetujui, pihaknya ingin cabang olahraga yang dilaksanakan di air, seperti selam dan motorprix. “Kalau disetujui, selam dan olahraga air lainnya dapat dilaksanakan di Raja Ampat. Motorprix bisa dilaksanakan di sirkuit Sidey Manokwari,” katanya lagi.

Fasilitas pendukung di Papua Barat pun, lanjutnya, cukup untuk menampung para atlet dari seluruh daerah di Indonesia. (ibn)

Tinggalkan Balasan