Kebun kakao.

Papua Barat Siapkan 15 Hektar Lahan Pembibitan Kakao

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Pemerintah provinsi Papua Barat menyiapkan lahan seluas 15 hektar di distrik Oransbari, Manokwari Selatan, sebagai lokasi pembibitan kakao.

Diatas lahan yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Perkebunan Papua Barat itu, juga akan dibangun kantor, laboratorium dan gudang.

Pemerintah juga menyediakan anggaran sebesar Rp. 2 miliar untuk membangun green house dan jalan sepanjang 3 km disekitar kawasan yang luas totalnya mencapai 20 hektar tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Papua Barat Agus Ferianto Wali mengatakan, bibit kakao yang dihasilkan dari lahan tersebut selain akan dipakai di distrik Oransbari,juga untuk memenuhi kebutuhan di Manokwari, Sorong, Teluk Wondama dan Sorong Selatan.

“Selama ini kita datangkan bibit dari luar, selain mahal, masa dormansinya singkat, tidak bisa lebih dari empat hari.Kita juga harus semaikan sebelum ditanam,” kata Wali belum lama ini di Manokwari.

Wali mengatakan, saat ini, 4 hektar lahan di lokasi itu sudah ditanami bibit kakao yang masih dalam masa persemaian. Sebelum ditanam, lahan itu lebih dulu ditanami tanaman pelindung. Biaya untuk membangun lahan bibit kakao itu bersumber dari APBD Papua Barat tahun 2014. 4 hektar lagi direncanakan akan digunakan pada tahun anggaran 2015.

Selain kebun pembibitan, ia mengatakan, pemerintah juga memberikan bantuan alat pengering kakao di Distrik Oransbari dan Ransiki sebanyak 2 unit yang diserahkan ke kelompok tani dengan total anggaranRp 260 juta.|DINA RIANTI