INFRASTRUKTUR. Pekerja mengatur lalu lintas di sekitar Kampung Tanah Merah, Distrik Warmare, Manokwari. Sisi gunung di sekitar daerah tersebut dipangkas untuk melebarkan jalan. Sebagian besar jalanan sepanjang kampung ini hingga Sidey sedang dipermak atau ditingkatkan dengan aspal.

Papua Barat Siapkan Pergub Soal Pembagian Proyek Pengusaha Asli Papua

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Untuk memenuhi dan menertibkan pembagian pekerjaan proyek kepada pengusaha asli Papua, Dinas Pekerjaan Umum Papua Barat sedang merancang drafnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua Barat Agustinus Haryadi mengatakan, draft Pengusaha Asli Papua ini dimaksudkan selain sebagai implementasi dari keberpihakan orang asli Papua melalui Otsus, juga bagian dari penjabaran dan turunan Kepres Nomor 54 Tahun 2014.

“Ini mengenai Otsus, saya mau melangkah membutuhkan regulasi yang jelas untuk saya dan pengusaha asli Papua, jelas dengan aturan yakni Kepres 54 Tahun 2014 UU Nomor 21 Tahun 2001, saya berani kasih proyek asal ada perdasi perdasus dan saya akan turunkan dengan peraturan gubernur,” kata Haryadi, baru-baru ini.

Dikatakan, dalam Draft tersebut akan dijabarkan nilai proyek yang akan diberikan kepada pengusaha asli Papua. Nilainya mencapai Rp 2,5 miliar per paket. Namun hal ini tentunya akan melalui sejumlah proses dan prosedur yang berlaku yang sudah ditentukan.

“Kemarin kita udah kumpul-kumpul, nanti kita kumpulkan lagi melalui forum diskusi group, saya akan undang semua pengusaha asli Papua, MRP PB dan DPR PB. Supaya saya aman semua puas, pertemuan sebelumnya tanggapanya saya anggap sudah bagus, saya sudah laporkan ke pak gubernur, sekda, dan wagub, dan pak gubernur juga setuju dengan nilai Rp 2,5 miliar ini,” katanya. |DINA RIANTI