Pascalina Jamlean

Manokwari, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat akan menambah balai latihan kerja untuk meningkatkan kapasitas serta daya saing putra-putri daerah pada pasar bursa tenaga kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Papua Barat, Paskalina Yamlean di Manokwari, Rabu, mengatakan, industri berskala besar di daerah tersebut terus berkembang.

“Di Manokwari ada pabrik semen yang sudah peroperasi, kemudian di Teluk Bintuni dan Fakfak saat ini sedang tahap pembangunan konstruksi Train 3 Migas,” kata dia.

Kehadiran BLK diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki skill dan siap dipasok pada perusahaan-perusahaan besar daerah ini. Ia juga berharap, putra-putri Papua bisa bersaing dan bekerja di perusahaan-perusahan wilayah lain bahkan luar negeri.

Menurutnya, Indonesia termasuk Papua Barat memperoleh bonus demografi dengan jumlah angakatan kerja yang cukup besar. Peluang pasar tenaga kerja terbuka lebar bagi putra-putri Papua.

“Untuk itu, kita siapkan mereka agar bisa bersaing tak hanya di Papua Barat. Di daerah lain termasuk luar negeri mereka juga bisa bekerja,” ujarnya lagi.

Terkait pembangunan BLK, pihaknya sudah mengajukan usulan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Usulan serupa juga diajukan melalui Bappenas, Kementerian Keuangan serta Komisi IX DPR RI.

‘’Pembangunan BLK ini menjadi perhatian utama. Kita berdoa supaya pusat bisa mengucurkan bantuan,’’ tandasnya.

Paskalina menambahkan, saat ini pemerintah Papua Barat sedang mencari lahan pembangunan tersebut. Setelah lahan siap dia berharap bantuan pusat pun siap dicairkan. (Toyiban)

 

Leave a Reply