Ilustrasi. Foto: Ist

Paripurna Pembentukan Fraksi DPRPB Molor

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– DPR Papua Barat tidak jadi menggelar rapat pembentukan dan penetapan fraksi yang terjadwal selama dua hari, Senin dan Selasa pekan ini. Akibatnya sejumlah anggota DPR PB yang berkantor di jalan Siliwangi selama beberapa hari ini terlihat tanpa aktivitas.

Anggota DPR-PB dari Partai Kebangkitan Bangsa Sanusi Rahaningmas mengatakan salah satu penyebab rapat tidak digelar karena ketua sementara DPR Papua Barat tidak berkantor.

“Padahal rapat paripurna pembentukan fraksi harus dilaksanakan selama dua hari 27 dan 28 Oktober,” kata Sanusi Rahaningmas kepada CAHAYAPAPUA.com di kantor tersebut, Rabu, (29/10/2014).

Pantauan CAHAYAPAPUA.com, selain ketua, wakil ketua dan beberapa anggota DPRPB juga tidak terlihat hadir di kantor tersebut. Akibatnya hingga kemarin rapat peripurna pembentukan fraksi belum digelar.

Sanusi berharap penundaan ini tidak berjalan lama, agar agenda lain DPRPB untuk membentuk alat kelengkapan seperti sejumlah badan tidak molor.

“Fraksi, komisi dan serta alat kelengkapan lain harus segera terbentuk. DPR juga harus segera menetapkan agenda tahunan termasuk pembahasan APBD Induk 2015. Agenda-agenda itu jangan sampai terlambat dibahas karena akan berpengaruh pada agenda lain di provinsi,” tegas Sanusi.

Terkait tertundanya agenda rapat ini, Sanusi mengaku sudah berupaya menghubungi ketua sementara DPR-PB Arifin. Namun belum mendapat jawaban. “Teman-teman lain pun menghubungi namun tidak ada jawaban. Ini sangat kami sesalkan,” katanya. Ketua DPRPB sementara Arifin sempat dihubungi CAHAYAPAPUA.comnamun hingga, Kamis, (30/10/2014), belum ada tanggapan.

Menurut Sanusi, semestinya penundaan sidang tidak terus-terusan terjadi. “DPR-PB Periode 2014-2019 harus bisa lebih baik dari periode sebelumnya,” ia mengingatkan.

Sebelumnya anggota DPRPB dari PKPI Xaverius Kameubun, mengatakan, rapat paripurna pembahasan dan penetapan fraksi tertunda karena wakil ketua dan anggota DPR dari Partai Golkar masih mengikuti kegiatan partai di Jakarta.

Meski hal ini dapat ditorerir, namun ia berharap rapat paripurna dapat segera dilaksanakan agar alat kelengkapan DPR segera terbentuk dan DPR segera menjalankan tugasnya. |TOYIBAN

EDITOR : DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan