Ketua DPD Partai Garuda dan pengurus serta ketua DPC kabupaten/ kota foto bersama usai rapat internal di Abresso Cafe, Sabtu (14/10/2017).

Partai Garuda siap berkompetisi di tahun 2019

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Untuk menjadi kontestan pemilihan umum di tahun 2019, sebuah partai politik harus penuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan penyelenggara sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

Tidak terkecuali Partai Garuda. Partai yang  berasaskan nasionalis dengan visi – misi membawa perubahan untuk bangsa, saat ini tengah melakukan konsolidasi internal dan siap mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara untuk berkompetisi dengan partai lainnya dalam meraih simpati masyarakat.

“Khusus di Provinsi Papua Barat, Partai Garuda telah terbentuk di 13 kabupaten/kota, dan kami siap diverifikasi secara administrasi maupun faktual oleh KPU, “ kata ketua DPD Partai Garuda Papua Barat, Leni Marlina kepada wartawan, Sabtu (14/10/2017) di Abresso Cafe – Manokwari.

Diakui Marlina jika Partai Garuda selama ini memang belum banyak diketahui khalayak umum. Namun sebagai partai baru yang berisi orang muda, banyak solusi dan energi yang akan diberikan demi membawa perubahan pembungan kearah yang lebih baik, dalam menghadapi berbagai tantangan yang harus diperjuangan bersama bagi negeri ini.

Menyoal pendaftaran partainya, Marlina menjelaskan, pihaknya sudah mennginstruksikan DPC kabupaten/ kota di Papua Barat untuk mendaftar ke KPU. DPD sendiri akan mengawal hal tersebut, sehingga saat verifikasi faktual pada bulan Desember 2017 mendatang, semua hal menyangkut administrasi telah selesai dan tinggal dilaporkan.

“Di tingkat pusat akan mendaftar dan menyerahkan dokumennya ke KPU. Selanjutnya ditindaklanjuti di setiap Dewan Pengurus Cabang (DPC) kabupaten/ kota. Untuk  DPC Manokwari akan mendaftar Senin 16 Oktober 2017. Semua hal menyangkut berkas administrasi dan faktual telah siap 100 persen,” kata Marlina.

Ditanya lebih rinci apakah sudah mengisi persyaratan yang tersedia di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)‎, Marlina mengklaim, hal itu sudah dilengkapi baik itu, berkas F1 surat pernyataan, F2 kepengurusan dan akad kantor‎, F3 terkait dengan keanggotaan, F4 terkait dengan status kantor.

“Semua berkas sudah siap. Tinggal diprint lalu diserahkan ke KPU untuk divalidasi, dan apabila ada kekurangan tentu segera kami siapkan sehingga bisa melanjutkan agenda berikut,” ucapnya.

Partai yang dipimpin Ahmad Ridha Sabana tercatat di Kementerian Hukum dan HAM RI sejak 3 April 2015 lalu. Partai ini mengakomdir kalangan muda potensial yang siap mendharmabaktikan diri membangun Negeri.Seperti diutarakan Sekretaris DPD Partai Garuda, Jefry Ohoilulin. “Kami siap membawa gerakan perubahan bagi Indonesia, khususnya daerah ini kearah yang lebih baik lagi,” kata Jefry optimis.

Ia menambahkan, ketua umum DPP Partai Garuda beserta pengurus, Minggu kemarin  telah menyerahkan dokumen ke KPU RI agar lolos menjadi peserta pemilu. “Di tingkat pusat sudah beres, kita di daerah saat ini tengah rapatkan barisan untuk menyiapkan segala hal, termasuk mendampingi DPC dalam menyiapkan berkas administrasi kepada KPUD,”  pungkas Jefry yang didampingi Wakil Ketua I DPD Partai Garuda, Rio Albertho Suabey, Minggu (15/10/2017).  (cr79)

Tinggalkan Balasan