Albert Karel Burwos

Partisipasi Pemilih 81,6 Persen Belum Sesuai Ekspetasi KPU Manokwari

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ketua Komisi Pemilihan Umum Manokwari, Albert K Burwos menyebut , partisipasi pemilih di Manokwari mencapai 81,6 persen.

Pada pembukaan rapat pleno rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat di Kantor KPUD Manokwari, Rabu, Burwos mengatakan, partisipasi tersebut belum memenuhi target KPU.

“Target kami 99 persen, namun hasilnya cuma 81,6 persen. Meski tidak penuhi target namun partisipasi¬† ini meningkat dari pemilu sebelumnya,” kata Albert.

Dia menyebutkan, di Manokwari terdapat sebanyak 400 tempat pemungutan suara (TPS). Pada Pilkada serentak 15 Februari 2017, seluruhnya menggelar pencoblosan dan selesai tepat waktu.

Dia mengakui, masih ada persoalan yang terjadi di TPS, namun persoalan tersebut tidak terlalu signifikan. Seluruhnya tersesaikan dengan baik serta tidak mengganggu pentahapan Pilkada.

“Jam satu siang seluruh TPS mulai melakukan perhitungan dan jam dua sudah selesai. Setelah penghitungan berakhir Manokwari dalam situasi aman dan kondusif,” ujarnya.

Burwos mengapresiasi kinerja aparat keamanan baik polri maupun TNI di daerah tersebut. Ia pun mengapresiasi kinerja Panitia Pengawas Pemilu, petugas KPPS dan seluruh panitia penyelenggara Pilkada.

“Begitupun para kandidat tim sukses dan warga mendukung. Berkat andil kita semua penyelenggaraan Pilkada di Manokwari berlangsung lancar dan aman,” ujarnya lagi.

Sejauh ini, lanjutnya, Manokwari sangat aman, tahapan Pilkada pun berjalan sesuai tahapan. “Sejauh ini terbukti, bahwa Manokwari aman satu bukan rawan satu,” pungkasnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan