Salah satu kampung di kabupaten Pegunungan Arfak. Foto: CAHAYAPAPUA.com |Duma Tato Sanda

Pasca UU Desa, Usulan Pembentukan Desa Baru Meningkat di Papua Barat

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.comUsulan pembentukan desa atau kampung baru di Papua Barat dilaporkan meningkat baru-baru ini, pasca disahkannya Undang-Undang Pemerintahan Desa Nomor 6 tahun 2014.

Biro Pemerintahan Pemprov menyatakan, menerima laporan peningkatan tersebut seperti diakui kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer, di Manokwari, Selasa (4/11/2014).

Dalam UU tersebut, pemerintah akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1 miliar langsung ke kampung.

“Kami kuatir, apakah ini karena kebutuhan masyarakat atau hanya dimanfaatkan untuk mendapatkan anggaran,” kata Mantan Kepala Distrik Manokwari Barat ini di halaman kantor gubernur papua barat.

Berkaitan dengan tingginya permintaan tersebut, Sroyer mengatakan, Biro Pemerintahan akan segera melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak tergesa-gesa mengusulkan pembentukan kampung atau desa baru.

Menurut dia, distrik dan kampung harusnya tidak sekedar mengejar target mendapat alokasi anggaran tersebut, tapi lebih fokus menyiapkan sumberdaya manusia pemerintahan kampung dalam mengelola anggaran tersebut nantinya.

“Saya baru dapat Peraturan Pemerintah. Kami akan pelajari, lalu disampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku sosialisasi telah dilakukan baru-baru ini ke Kabupaten Pegunungan Arfak dan akan dilanjutkan ke kabupaten lain.|DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan