TPS Khusus Disabilitas di halaman kantor KPU Manokwari. Penjabat Gubernur Papua Barat Eko Subowo, Ketua KPU papua Barat Amus Atkana, Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Petrus Waine dan Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Jopyye Onesimus Wayangkau menyambangi TPS ini untuk memantau langsung pemungutan suara, Kamis (15/2).

Pastikan Keamanan, Gubernur Sambangi Empat TPS di Manokwari

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Penjabat Gubernur Papua Barat (PB) Eko Subowo menyambangi atau memantau langsung empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Manokwari, Rabu (15/2).

Eko Subowo dan didampingi Sekda PB Nathaniel Mandacan, Ketua KPU PB Amus Atkana, Anggota Bawaslu RI Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Nelson Simanjuntak, Ketua Bawaslu PB Ishak EH Waramori, dan Wakapolda PB Kombes Pol Petrus Waine serta Pangdan XVIII Kasuari Mayjen TNI Jopyye Onesimus Wayangkau, pertama kali menyambangi TPS 14 atau TPS Khusus bagi Disabilitas yang dipustakan di Sekretariat KPU Manokwari.

Setelah menyempatkan menyaksikan dan bertatap muka langsung dengan para pemilih disibilitas, Eko Subowo beserta rombongan menuju TPS 12 yang berada dalam Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Manokwari.

Selanjutnya rombongan menuju TPS 15 yang berada di Lingkungan Sanggeng Sekretariat Gerakan Merah Putih dan berakhir di TPS 06 Sowi III Marampa Kelurahan Sowi Distrik Manokwari Selatan.

Dalam pemantauan tersebut, Eko Subowo terlihat berdiskusi singkat dengan ketua PPS di masing-masing TPS serta menanyakan jumlah pemilih dan kondisi keamanan serta antusias masyarakat yang hadir untuk memilih.

Diketahui pada kesempatan itu, untuk TPS 14 Disabilitas sebanyak 175 pemilih, TPS 12 Lapas sebanyak 285 pemilih termasuk pegawai Lapas dan TPS 15 terdapat 615 Pemilih. Terakhir di TPS 16 Marampa Sowi sebanyak 646 pemilih.

Eko Subowo mengatakan pemantauan TPS tersebut dilakukan untuk memastikan situasi dan kondisi di TPS serta kondisi keamanan di Manokwari yang umumnya ia menilai aman dan kondusif.

Dikatakan, pemantauan ini tidak hanya dilakukan di Manokwari tapi di seluruh Kabupaten kota se- Papua Barat oleh perwakilan pejabat di lingkungan Pemprov PB. “Kita patut bersyukur sekaligus memberikan apresiasi peran serta masyarakat dan seluruh stakeholder khususnya para penyelenggara Pilkada baik pihak keamanan, KPU dan Bawaslu yang penuh komitmen tinggi, sehingga sampai siang ini menjelang perhitungan suara kondisi di daerah masih dalam situasi aman,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk menjaga situasi dan kondisi tetap terkendali, sebelumnya para tokoh agama, adat, masyarakat dan menggelar doa bersama. “Semua stakeholder dan masyarakat saya apresiasi sekali karena bisa menjalankan fungsi perannya dengan baik,” ujarnya.

Meski demikian ia mengimbau warga tetap menjaga situasi tersebut hingga tahapan rekapitulasi ditingkat KPU provinsi berakhir. “Mari kita jaga situasi ini sampai dengan proses berakhir oleh KPU Papua Barat. Karena disinilah terdapat ruang kondisi daerah tidak kondusif, sehingga harus terus diantisipasi,” tutupnya. (TNJ)

Tinggalkan Balasan