Wiranto bersama pengurus Pengprov PBSI. PBSI Papua Barat mendukung pencalonan Wiranto sebagai ketua umum PBSI.
Wiranto bersama pengurus Pengprov PBSI. PBSI Papua Barat mendukung pencalonan Wiranto sebagai ketua umum PBSI.

PBSI Papua Barat Dukung Wiranto

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Pengrov PBSI) Papua Barat mendukung Wiranto sebagai calon ketua Umum PBSI.  Induk organisasi olahraga bulutangkis nasional ini akan menggelar Musyawarah Nasional dimana salah satu agendanya adalah memilih ketua Umum pada 30 Oktober – 1 November 2016 di Surabaya.

Sekretaris Umum PBSI Papua Barat, Deddy Sunandar, kepada Cahaya Papua, Jumat (21/10) di Manokwari, menyatakan, selain Papua Barat, ada 22 Pengrov lainnya yang sudah menyatakan kesiapannya mendukung pencalonan Wiranto.

Soal alasan dukungan, Deddy mengatakan, sebagai tokoh nasional, Wiranto memiliki latar belakang kepemimpinan yang mumpuni. Selain jabatan penting di pemerintahan Wiranto pernah memimpin FORKI, GABSI dan PBTI. Program yang dipaparkan Wiranto untuk mengawal PBSI kedepan juga dinilainya realistis dan sesuai dengan kebutuhan PBSI mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

“Beliau menyatakan komitmennya untuk menyokong pengurus hingga ke tingkat daerah serta dalam upaya menjaring bibit-bibit muda pebulutangkis berbakat,” katanya.

Soal dukungan sejumlah Pengrov, selain Papua Barat, Deddy mengatakan itu sudah menjadi komitmen yang disepakati dan dikerucutkan sebagai aspirasi bersama 23 Pengprov PBSI dalam rapat forum Pengprov PBSI di Jakarta 14 Okober lalu.

Dalam forum Munas nantoi Wiranto digadang-gadang akan menjadi kompetitor terkuat bagi petahana Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan yang juga diwacanakan akan kembali bertarung pada forum Munas.

Kata Deddy, sebenarnya Figur Gita juga baik. Namun secara diplomatis, ia menyebut Wiranto adalah pilihan yang “lebih baik”.

“Di masa kepemimpinan pak Gita Papua Barat juga sering mendapat bantuan. Misalnya pada kejuaraan provinsi, tapi kadang-kadang jumlahnya jauh dari kebutuhan. Misalnya hanya 60 juta rupiah per kejuaraan, sangat kecil,” ujarnya.

Kesediaan Wiranto untuk diusung sebagai Calon Ketua Umum PBSI disampaikan pada forum Pengrov PBSI, beberapa hari lalu di Jakarta. Dukungan itu bukan tanpa syarat.

Puluhan Pengrov meminta agar Wiranto membangun komunikasi yang baik antara pengurus pusat dan daerah serta membantu peningkatan sarana dan prasarana secara merata di seluruh Indonesia. “Ini disanggupi pak Wiranto,” kata Deddy. (CHE)

 

Tinggalkan Balasan