Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Papua Barat Yohana Watofa (kiri) dan Saleh Siknun

PDIP Kumpul Calon Kepala Daerah se-Tanah Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Ratusan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Tanah Papua yang mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan dikumpulkan di Kota Sorong.

“Para bakal calon kepala daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat ini akan menjalani fit and propertes yang akan dilaksanakan oleh partai. Tempat pelaksanaannya dipusatkan di Kota Sorong, pada 9 dan 10 April mendatang,” kata Ketua DPD PDI-P Provinsi Papua Barat, Yohana Watofa.

Hasil penjaringan dan pendaftaran bakal calon gubernur-wakil gubernur Papua Barat tercatat sebanyak 14 pasang resmi mendaftarkan diri ke partai wong cilik ini.

Sementara, pasangan bakal calon bupati-wakil bupati/walikota-wakil walikota di empat daerah yang akan melaksanakan pilkada yakni Kabupaten Sorong, Tambrauw, Maybrat dan Kota Sorong sebanyak 56 orang atau 28 pasangan.

Adapun bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah di provinsi Papua, PDI Perjuangan berhasil menjaring sebanyak 58 perserta atau sekiranya 114 orang.

“Kami berharap semua kandidat hadir dan mengikuti tahapan ini. Karena akan dilanjutkan dengan kegiatan sekolah partai. Bagi kandidat yang ikuti dengan baik dan benar, mereka yang akan dapatkan rekomendasi partai,” ujarnya.

Menurut Yohana, PDI Perjuangan kini masih terus mengantisipasi akan terjadinya perubahan Peraturan Perundang-undangan pada pelaksanaan pemilu tahun 2017 mendatang.

“PDI Perjuangan hanya memiliki empat kursi di DPR (Papua Barat) sehingga, kami harus berkoalisi untuk bisa mengusung bakal calon,”

Yohana menambahkan, fit and proper tes akan dilakukan oleh utusan DPP sebanyak 6 orang ditambah perwakilan dua DPD yang berjumlah 18 orang.

Dia mengatakan, kandidat yang nantinya didukung oleh PDI Perjuangan adalah, kandidat yang bisa mendukung dan bersinergi dengan program Presiden Joko Widodo.

“Khusus untuk para bakal calon di empat daerah, mereka yang mendapatkan rekomendasi partai diperoleh melalui proses yang selektif,” imbuhnya. (ALF)

 

Tinggalkan Balasan