Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Papua Barat Yohana Watofa (kiri) dan Saleh Siknun dalam jumpa pers pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat.

PDIP Tak Bangun Koaliasi dengan Parpol yang Sedang Bersengketa

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Papua Barat, Yohana Watofa mengungkapkan, telah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai politik di Papua Barat menjelang pelaksanaan Pilgub 2017.

Meski demikian, Yohana menjelaskan, komunikasi politik yang terjalin belum mengarah pada kesepakatan politik untuk membentuk koalisi pada Pilgub.

“Kami masih melihat dinamika yang terjadi untuk menentukan arah koalisi,” kata Yohana di sekretariat DPD PDI Perjuangan di Jalan Trikora Wosi, Selasa (16/2).

Yohana menegaskan meski telah menjalin komunikasi politik, namun PDIP tidak akan menjalin koalisi dengan partai yang sedang bersengketa dengan status kepengurusan. “Kita tidak ingin kejadiannya sama seperti Pilkada tahun 2015 lalu,” ujarnya.

Ia menjelaskan koalisi akan mempertimbangkan sejauh mana parpol lain dalam membangun komunikasi dengan pasangan bakal calon. Juga mempertimbangkan perubahan peraturan perundang-undangan yang cukup dinamis.

“Komunikasi dan koordinasi dengan kandidat juga akan dipertimbangkan. Selain membangun komunikasi di tingkat daerah, komunikasi politik juga dilakukan di tingkat pusat sehingga ada sinergitas,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN