Wabup Roberth Hammar memimpin rapat sub Bapok, Sabtu 13 Desember 2014 di Kediaman Dinas Wabup. Stok Bapok dilaporkan aman. Foto : CAHAYAPAPUA.com | Zakarias Tonu Bala

Pedagang Dilarang Jual Produk Tanpa Ijin Edar

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat mengimbau para pedagang termasuk mall dan supermarket tidak menjual produk olahan terutama berupa makanan yang belum memiliki ijin edar alias belum terdaftar resmi.

BPOM menemukan masih banyak produk yang dijual bebas di Manokwari belum terdaftar yang belum dilengkapi label dari instansi berwenang.

“Produk pangan yang belum terdaftar sebaiknya tidak dijual karena barang ini tidak ada yang bertanggungjawab apakah itu aman atau tidak. Kalau terjadi apa-apa misalnya keracunan atau yang lainnya, nanti penjual yang bertanggungjawab karena tidak diketahui yang buat siapa, “ kata Kepala BPOM Papua Barat Aris Hidayat.

Aris menyampaikan ini dalam rapat sub Bapok Kabupaten Manokwari menyongsong Natal dan Tahun Baru, Sabtu (13/12/2014), di kediaman dinas Wakil Bupati Manokwari di Jl.Brawijaya.

Aris juga mengingatkan para pedagang maupun pengusaha swalayan agar tidak menjajakan barang-barang kedaluarsa (expired). Maksimal 1 bulan sebelum masa expired berakhir, produk dimaksud harus sudah ditarik.

“Expired agar diperhatikan karena Natal itu biasanya orang pakai barang yang tidak langsung habis. Jadi kalau sudah dekat (masa expired), harap disisihkan jangan dijual lagi. Yang sudah rusak atau penyok juga disisihkan karena kemungkinan bisa membahayakan kesehatan,“ pesan Aris.

Wakil Bupati Roberth KR. Hammar juga mengingatkan pedagang agar mengutamakan keamanan dan keselamatan konsumen. Dijadwalkan pada awal pekan ini tim pengawasan Bapok akan melakukan razia barang-barang kedaluarsa.

“Ini sudah tahun ke-4 kita lakukan pengawasan jadi mudah-mudahan tahun ini sudah tidak banyak lagi barang-barang kedaluarsa,“ ucap Hammar yang juga ketua tim Bapok Kabupaten Manokwari. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

One comment

  1. Apa kah jus yg tidak ada izin bpom jg akan ditindak pidana??

Tinggalkan Balasan