Pedagang disalah satu pasar di Manokwari. | CAHAYAPAPUA.com | Dokumentasi

Pedagang Pasar Wosi Keluarkan Rp. 1000 Per Hari untuk Keamanan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Selain menggeluarkan biaya retribusi kepada Pemda Manokwari sebesar 2000 hingga 4000 rupiah per hari, para pedagang di pasar Wosi, Manokwari, juga menggeluarkan biaya “kenyamanan dan keamanan” Rp 1000 kepada Asosiasi Pedagang Pasar Wosi (Aspipasi).

Koordinator Umum Aspipasi Amin Husain, Senin (19/1/2015), mengatakan, biaya tersebut dikeluarkan oleh pedagang non Papua sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pedagang.

Ia mengatakan iuran wajib itu akan digunakan sebagai dana operasional Aspipasi untuk mengaji 4 orang petugas yang menjaga pintu-pintu pasar antara dari jam 17.00 hingga 06.00 WIT.

“Iuran itu juga untuk membayar gaji 2 orang pembaca pengumuman di menara pasar sebesar Rp. 1 Juta,” kata Amin Husain.

Tidak hanya itu, iuran tersebut menurutnya juga akan dipakai untuk biaya konsumsi aparat keamanan yang berjaga di sekretariat Aspipasi yang juga adalah menara pasar wosi, sebesar Rp. 6,5 juta per bulan.

Sampah yang dikelola di pasar ini juga memakai iuran tersebut, termasuk untuk membiayai kebutuhan operasional pengurus.

Iuran yang terkumpul dari para pedagang di pasar itu bisa mencapai Rp. 400.000 hingga Rp. 450.000 per hari atau rata-rata 12 juta per bulan. |RIZALDI

Tinggalkan Balasan