Aktivitas Pasar Wosi, Manokwari

Pedagang Tunggu Realisasi Janji Pemda

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sejumlah pedagang di Pasar Wosi Manokwari masih menung gu realisasi janji pemerintah daerah untuk menyediakan lokasi usaha baru. Tempat mereka berjualan sebelumnya dibongkar dalam program renovasi pasar tradisional ini.

Abdul Hakim, salah satu pedagang yang sudah menjalankan aktivitas dagang di pasar ini sejak 15 tahun lalu kini hanya berjualan di sebuah lapak sewaan. Lapak itu dibangun dari rangka kayu tepat di samping pagar pembatas pasar. Tempatnya berjualan terkena dampak renovasi dan dibongkar 5 tahun lalu.

Kondisi ini membuat usahanya sulit berkembang karena pembeli enggan merapat. “Sayur yang saya jual banyak yang busuk karena tidak laku,” ucapnya datar.

Menurut Halim, saat sosialisasi renovasi pasar, para pedagang dijanji tempat jualan baru yang layak. Itu sebabnya mereka ikhlas saat toko dan lapaknya dibongkar.

Masalahnya, sampai skarang janji itu belum terealisasi sementara sejumlah pedagang baru dari luar justru mendapat lokasi jualan yang lebih layak. Selain menyisakan kekecewaan, kondisi ini juga menurunkan pendapatan pedagang.

“Kami sudah berkali-kali minta, tapi belum ada kejelasan. Sejujurnya sekarang kami seperti anak ayam yang kehilangan induk,” ucap ayah 4 anak ini. |ELDO ROTTIE