Pegawai Kemenkumham Swadaya Prov. Papua Barat Bangun Sumur Bor Warga

Pegawai Kemenkumham Swadaya Bangun Sumur Bor Warga

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Memperingati Hari Dharma Karyadhika tahun 2015 Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya memberikan bantuan Sumur Bor bagi masyarakat.

Pemberian Sumur Bor diberikan kepada tiga tempat berbeda yakni Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni dan Kota Sorong. Untuk wilayah Manokwari terdapat dua bantuan Sumur Bor yang terletak di Kompleks Abasi, Kelurahan Pasir Putih, dan Kampung Ambon.

Sementara di Kabupaten Teluk Bintuni di Kampung Atibo serta di Kota Sorong di Kampung Saga. “Harapan kami dengan bantuan Sumur Bor, dapat meringankan beban masyarakat memenuhi kebutuhan air, apalagi di musim kemarau yang dialami semua daerah di Indonesia,” kata Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Papua Barat, Budi Prasetyo kepada wartawan, siang kemarin.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan, Budi berharap dapat memotivasi peran instansi lain untuk peduli kepada masyarakat Papua Barat.

“Kalau kami hanya membangun empat sumur, mungkin instansi lain bisa membangun lebih banyak lagi, sehingga di seluruh Papua Barat lebih banyak sumur dan itu bisa membantu masyarakat,” jelasnya.

Pembangunan Sumur Bor ini dilakukan secara swadaya atau sumbangan suka rela dari para pegawai kantor Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Nataniel D Mandacan mengatakan, pembangunan Sumur Bor merupakan sebuah hal kecil, namun memiliki arti yang besar bagi masyarakat.

Dia juga mengakui banyak program besar yang dikerjakan pemerintah, tetapi banyak yang sia-sia karena tidak memperhatikan program-program kecil yang langsung menyentuh masyarakat.

“Ini harus menjadi contoh bagi kita pemerintah Papua Barat yang memiliki pegawai negeri sipil kurang lebih 2000-an, kalau kita kumpul suka rela mungkin kita bisa bangun sumur yang banyak dan hal ini tidak harus di programkan lewat anggaran daerah,” jelasnya.

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika tahun 2015, di antaranya pengadaan Sumur Bor yang merupakan sumbangan dari seluruh pegawai Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat, aksi kerja bakti, jalan santai penanampan pohon lindung, penyuluhan hukum dan pameran hukum, serta upacara Hari Dharma Karyadhika yang dilaksanakan di Kantor Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat yang dipimpin Sekda Papua Barat. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM