Bimbingan teknis PPID Biro Humas dan Protokol Provinsi Papua Barat, Selasa (18/11/2014) Foto: CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Pejabat PPID: Dokumen APBD Terbuka untuk Umum

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Dokumen publik seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Pengunaan Anggaran (DPA) wajib disiarkan kepada masyarakat luas.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pusat, Lalu Ahmad Busyairi mengatakan, hal itu merupakan amanat UU No 14 tahun 2008 pasal 17 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Dari situ dijelaskan bahwa tiap instansi yang mendapatkan anggaran negara wajib membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi tersebut,” kata Ahmad Busyairiketika berbicara sebagai fasilitator dalam bimbingan teknis PPID untuk SKPD di lingkungan pemerintah Papua Barat, Selasa (18/11/2014).

Penegasan Ahmad Busyairi ini merupakan jawaban atas pertanyaan para peserta Bimtek yang rata-rata diikuti pejabat setingkat kepala bidang tentang boleh tidaknya dokumen APBD diketahui publik.

Ahmad Busyairimenambahkan, Intruksi Mendagri No 188.52/1797/SJ tentang peningkatan transparansi pengelolaan anggaran Indonesia, juga menginstruksikan,pemdauntuk terbuka dalam mengelola anggaran negara.

Dalam instruksi tersebut, diterangkan agar Pemda menyediakan website khusus untuk menyiarkan ringkasan Rencana Kerja SKPD, Rancangan Perda dan Perda APBD dan RAPBD. Juga ringkasan dokumen DIPA/DPA hingga laporan realisasi anggaran seluruh SKPD, serta laporan keuangan pemerintah daerah yang sudah diaudit dan diberi penilaian oleh instansi terkait.

“Dari dua aturan ini, artinya dokumen APBD itu terbuka untuk umum,” ia menegaskan.|DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan