Pekan Depan Eks Kepala Pegadaian Manokwari Diserahkan ke Pengadilan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Kejari Manokwari menyatakan, Muhamad Jaya, tersangka kasus dugaan penggelapan uang dan barang nasabah saat sebagai Kepala Pegadaian Cabang Manokwari, kemungkinan diserahkan ke pengadilan pekan depan.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Manokwari Jhon Ilef Malasam menyatakan, penyidik kasus ini di Kejari Manokwari telah menyerahkan dokumen yang berisi hasil pemeriksaan terhadap tersangka dab audit BPKP kepada jaksa penuntut umum baru-baru ini.

“Tersangka (juga) telah diserahkan dari jaksa penyidik kepada jaksa penuntut umum,” terang Jhon Ilef kepada Cahaya Papua Rabu lalu.

Penyidik Kejari menahan tersangka sejak Jumat (3/6) lalu. Menurut Jhon masa penahanan yang bersangkutan seharusnya berakhir pada 1 Agustus 2016, namun sebelum tenggat waktu itu, berkasnya sudah diserahkan ke JPU sehingga kemungkinan pekan depan tersangka sudah bisa diserahkan ke pengadilan.

Tersangka diduga memiliki peran dalam penggelapan barang nasabah yang merupakan barang jaminan di pegadaian Cabang Manokwari saat masih menjabat sebagai kepala Pegadaian Manokwari pada 2015.

Penggelapan dilakukan terhadap barang jaminan yang hampir memenui syarat lelang sekitar 220 kantong dengan nilai jual Rp 800 juta, barang jaminan siap lelang 11 kantong senilai Rp 14 juta lebih, barang jaminan aktif 12 kantong senilai Rp 100 juta, dan satu logam mulia yang mencapai harga Rp 25 juta.

Penyidik menjerat tersangka dengan pasal 2 dan 3 jo pasal 8 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi karena Pegadaian merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. (MAR)

Tinggalkan Balasan