ilustrasi_Dugaan Korupsi

Pekan Ini JPU Bacakan Tuntutan Terhadap 3 Tersangka

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Selangkah lagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutan kepada tiga terdakwa kasus dugaan korupsi dana hibah Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sorong tahun 2012 berinisial HS, YS dan YM.

JPU Imran Misbach, S.H  saat dikonfirmasi, Selasa (17/11), mengatakan sesuai jadwal sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Manokwari, penuntutan akan dilakukan setelah agenda mendegarkan saksi meringankan dari para terdakwa melalui kuasa hukumnya, mengingat sebelumnya saksi yang dihadirkan telah memberatkan ketiganya dalam kasus tersebut.

“Pada sidang yang berlangsung Kamis kemarin, ketua Majelis Hakim telah memeriksa  terdakwa dan para saksi yang memberatkan tiga terdakwa. Namun, tidak menutup kemungkinan, para terdakwa melalui kuasa hukumnya akan menghadirkan saksi yang meringankan. Yang diagendakan hari ini Rabu (18/11),” ujar Imran Misbach.

Ia berharap agenda sidang di pengadilan Tipikor Manokwari dapat berjalan sesuai rencana, agar kasus ini terutama tiga tersangka yang telah dijerat mendapat kekuatan hukum tetap bersalah sebagaimana dakwaan yang dibacakan JPU dalam sidang sebelumnya.

Untuk diketahui, tiga terdakwa dalam kasus ini dijerat dengan pasal 2 ayat 1 Jounto, pasal 18 ayat 1, 2 dan 3 Jo pasal 55 ayat 1 ke 1,  subsider pasal 3 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana, dengan ancaman hukuman maksimal diatas lima tahun penjara. |NASIR