Penjabat Bupati Mansel Drs. Edi Budoyo bersama Kabag Umum Kabupaten Mansel Yohanis M. Pasinggi meninjau pembangunan Pelabuhan Oransbari.

Pelabuhan Oransbari Butuh Pengembangan Agar Disinggahi Kapal PELNI

RANSIKI, CAHAYAPAPUA.com – Penjabat Bupati Mansel, Drs. Edi Budoyo, Selasa (16/12) kemarin, meninjau pembangunan pelabuhan kapal barang di Distrik Oransbari. Di sini, bupati yang didampingi Kabag Umum Kabupaten Mansel, Yohanis M. Pasinggi bertemu pihak konsultan pengawas PT. Intymulya Multikencana.

Ari selaku konsultan pengawas PT. Intymulya Multikencana di hadapan bupati menjelaskan bahwa pengerjaan pembangunan pelabuhan ini sudah mencapai 95 persen, dan tinggal menyisahkan penyelesaian lapangan bongkar muat dan jalan pelabuhan. “Jadi masih butuh 200 M3 material beton untuk penyelesaian proyek pelabuhan ini. Material beton tersebut akan di drop oleh PT. Pulmon,” kata Ari.

Pada dasarnya pelabuhan ini diperuntukkan untuk bongkar muat kontainer, mengingat Pelabuhan Manokwari sudah sangat sempit dan sulit untuk diperbesar.

“Bisa juga dijadikan pelabuhan kapal penumpang, karena posisi pelabuhan ini strategis dengan kedalaman laut mencapai 3000 DWT. Hanya saja panjang dermaga 70 meter ini masih kurang 55 meter lagi, agar bisa disandari kapal milik PT. Pelni yang panjangnya hingga 125 meter,” paparnya.

Jika dikehendaki demikian, Ari menyarankan pemerintah daerah untuk mengupayakan fasilitas darat, seperti terminal penumpang berikut gudang kepada kementerian terkait. “Saya yakin Pemerintah Pusat akan tanggapi apabila didorong oleh pemerintah daerah,” saran Ari.

Menurut Ari, pelabuhan kapal barang di Distrik Oransbari diprediksi rampung paling lambat enam bulan kedepan. “Setelah penyerahan dari pusat ke daerah masih ada waktu enam bulan perawatan dari pihak kontraktor, setelah itu baru bisa dilakukan peresmian. Kalau tidak salah dengar, pelabuhan ini akan diresmikan oleh pihak kemeterian PU, karena kemarin saya sudah di hubungi untuk membuatkan plakatnya, cuma namanya belum pasti,” ungkapnya.

Sementara Bupati Edi Budoyo usai meninjau pembangunan Pelabuhan Oransbari kepada Cahaya Papua, mengatakan pihaknya akan berupaya agar Pelabuhan Oransbari tak hanya disandari Kapal Barang, tapi kedepan bisa pula disinggahi kapal penumpang milik PT. Pelni.

“Kita punya lahan pelabuhan yang cukup luas dan indah, jadi kedepan tentu kita upayakan bisa disinggahi kapal penumpang. Sedangkan Pelabuhan Momiwaren, dipersiapkan untuk pelabuhan kapal perintis,” katanya.|SOETANTO

 

Tinggalkan Balasan