illustrasi pelabuhan

Pelabuhan Sorong Dikembangkan Sebagai Gerbang Tol Laut Wilayah Timur

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah pusat akan melakukan pengembangan Pelabuhan Sorong, Papua Barat. Plt Kepala Dinas Perhubungan Dan Informatika Papua Barat Bambang Hary Harsono mengatakan, pengembangan pelabuhan Sorong dengan memperluas lahan ke arah utara dikarenakan pelabuhan ini akan dijadikan sebagai pintu gerbang tol laut diwilayah timur Indonesia.

“Khusus untuk perhubungan laut kami perioritaskan pengembangan Pelabuhan Sorong sebagai pintu gerbang tol laut wilayah timur, kita upayakan ketersediaan prasarana pengembangan tol laut ini,” kata Bambang yang ditemui, Rabu (17/12) di kantor Dinas Perhubungan Papua Barat.

Dikatakan, pemprov sebagai pemerintah di wilayah Papua Barat sedang mengusulkan rencana pengembangan pelabuhan Sorong ini sesuai dengan master plan yang sudah dirancang dari tahun 2012 kepada pemerintah pusat dengan rencana memperluas lapangan container dan memperpanjang panjang pelabuhan. “Kita harapkan tahun 2015 nanti ini sudah bisa direalisasikan,” katannya.

Selain itu, dinas perhubungan akan melakukan telaah singkat kelayakan pembangunan pelabuhan kepada gubernur sehingga pemprov juga bisa melakukan pengembangan Pelabuhan Sorong sebagai wujud dukungan pemerintah daerah kepada pusat.

Namun pemprov dimungkinkan baru bisa mengusulkan pada APBD Perubahan 2015, karena dalam APBD induk pemerintah daerah masih berharap dari program APBN. |DINARIANTI