Ilustrasi

Pelaku Usaha Kakao Manokwari Selatan Tanya Kejelasan Retribusi

RANSIKI – Pelaku usaha kakao di Ransiki – Kabupaten Mansel, Papua Barat, meminta pemerintah daerah dalam hal ini instansi terkait untuk mengadakan pertemuan membahas soal penarikan retribusi.

“Perlu ada pertemuan dengan pemerintah daerah, biar jelas hak dan kewajiban kita sebagai pelaku usaha kakao. Sehingga tidak ada lagi pihak yang merasa dirugikan,” kata H. Galesong mewakili pelaku usaha kakao lainnya mengusulkan pertemuan pembahasan penarikan retribusi.

H. Galesong mengaku soal usulannya ini pernah disampaikan langsung kepada pihak terkait di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Mansel.

“ Waktu itu saya ada temui Kabid Peternakannya Yulius Induek. Sebenarnya mau ketemu langsung Kabid Perkebunannya, namun saat itu beliau ada dinas luar,” tuturnya belum lama ini.

Tak hanya soal retribusi, ada hal lain yang perlu pula diperhatikan serius instansi terkait. Yakni pengembangan pengelolaan coklat oleh masyarakat. Hal itu perlu dibahas agar komoditi coklat di daerah ini harganya bisa stabil dan bila perlu lebih ditingkatkan lagi nilai jualnya berikut, kualitas dan kuantitasnya.

“Penting dibuat pertemuan, biar harga coklat tidak terpaku pada nilai mata uang, dan tergantung dari permintaan. Kita harus bisa buat permintaan itu tinggi karena kualitas dari coklat tersebut,” saran H. Galesong. | SUTANTO

 

EDITOR: IMRAN

Tinggalkan Balasan