Irsa J. Idawader

Pelatihan Data Gender dan Anak di Bintuni Libatkan Berbagai Pihak

BINTUNI, Cahayapapua.com—– Bertujuan membentuk forum data di Kabupaten Teluk Bintuni, Bidang Kelembagaan Data dan Informasi Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan pelatihan data gender dan anak di To Be resto, Kota Bintuni, Rabu (1/6).

Kepala Bidang Kelembagaan Data dan Informasi Irsa J. Idawader mengatakan kegiatan ini dilakukan di 12 Kabupaten dan satu kota, dengan harapan setelah adanya pelatihan ini akan terbentuk forum data sehingga di kabupaten mempunyai forum data yang berfungsi untuk memperoleh data-data yang akurat mengenai perempuan dan anak.

“Entah itu di pertanian, perikanan, ekonomi, pendidikan, kekerasan perempuan dan anak di dalam rumah tangga dengan melibatkan seluruh instansi terkait,” kata Irsa J. Idawader kepada wartawan usai membuka kegiatan pelatihan ini.

Dijelaskannya, dengan adanya data yang akurat maka pemerintah dapat mengetahui jumlah permasalahan atau kasus yang melibatkan anak dan perempuan. Sehingga program perlindungan anak dan perempuan dapat menyetuh langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

Dari hasil pelatihan ini diharapkan setiap satu tahun masing-masing SKPD menyampaikan laporan data tersebut untuk dikumpul di provinsi. Setelah data terkumpul akan dikelola lagi oleh provinsi.

Pasalnya kegaitan yang didanai dari DPA Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana tahun 2016 ini mempunyai sasaran kepada pengelola data Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dilingkup Pemerintah Daerah, Polres Teluk Bintuni, dan Statistik.

“Untuk tahun 2016 ini dua kabupaten sudah dilakukan yakni kabupaten Raja Ampat dan teluk Bintuni. Dengan harapan pelatihan ini dapat dilakukan di dubelas kabupaten dan satu kota” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan