Ilustrasi pembangunan pelabuhan. (Antara/Fiqman Sunandar)

Pelindo II Belum Pegang Izin Bangun Pelabuhan Sorong dari Kemhub

JAKARTA,CAHAYAPAPUA.com— Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan pembangunan pelabuhan di Sorong, Papua Barat yang akan digarap PT Pelindo II (Persero) belum memiliki izin untuk dikerjakan. Sebab, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut belum mengajukan kepengurusan izin pembangunan pelabuhan yang ditaksir menelan dana sekira Rp 3,5 triliun itu.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemhub Bobby R Mamahit mengungkapkan, pihaknya belum menerima pengajuan perizinan dari Pelindo II terkait pembangunan pelabuhan di Sorong. Padahal, PT Pelindo II berencana memulai pembangunan pelabuhan tersebut pada awal tahun depan.

“Belum ada permintaan surat kepada Kemhub, belum ada permohonan. Mau diapakan kalau belum ada permohonan, mereka mengurusnya di mana?” ujar Bobby saat ditemui di sela acara Seminar Nasional Kemaritiman di Kantor Kemhub, Jakarta, Senin (18/5).

Kendati demikian, lanjutnya, Kemhub mengapresiasi langkah Pelindo II yang berinisiatif membangun pelabuhan di Sorong. Sehingga, apabila nanti telah rampung, dapat menjadi pelabuhan yang bisa dimanfaatkan dalam mewujudkan konsep tol laut.

“Pelabuhan yang direncanakan dibangun itu letaknya sekitar 100 kilometer (km) dari Kota Sorong. Itu terbilang sangat terpencil. Saya yakin tantangannya cukup berat dalam membangunnya. Katanya, tanahnya sudah dibebaskan, mudah-mudahan bisa dimulai,” ujarnya.  | THRESA SANDRA DESFIKA | NAD |BERITA SATU